... harus benar-benar ada di tempat tugas karena selama ini memang pejabat lama jarang di tempat...
Wamena (ANTARA) - Bupati Jayawijaya, Papua, Jhon Richard Banua, meminta kepala Distrik Yalengga yang baru dilantik tidak meninggalkan tempat tugas atau mengabaikan tugas.

Banua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengharapkan masyarakat juga mendukung kepala distrik yang baru dilantik. Dalam sistem pemerintahan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, distrik itu setara dengan kecamatan di provinsi-provinsi lain Indonesia. 

Baca juga: KPU Papua jadwalkan PSU di Distrik Mandobo Boven Digoel

"Kepala distrik yang baru harus benar-benar ada di tempat tugas karena selama ini memang pejabat lama jarang di tempat, akhirnya ditempatkan pelaksana tugas dan sekarang sudah kita lantik pejabat baru," katanya.

Agar kepala distrik tidak sering meninggalkan tempat tugas, pemerintah memilih warga Distrik Yalengga sebagai kepala distrik.

Baca juga: Pilkada di lima distrik Yalimo dikawal 225 polisi

Ia mengatakan warga juga menginginkan agar pejabat yang dilantik merupakan penduduk setempat. "Yang dilantik anak dari Yalengga jadi pasti dia bekerja untuk warganya," katanya.

Ia memerintahkan kepala distrik melihat persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat dan mengkomodir kepada pemerintah kabupaten. "Masyarakat ada mengajukan permintaan perumahan. Usulan ini harus disampaikan dengan dokumen lengkap supaya kami bisa teruskan," katanya.

Baca juga: TNI-Polri antisipasi pergerakan kelompok separatis ke Tembagapura

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021