Humaniora sepekan, mulai eksodus WN India hingga analisa bencana NTT

Humaniora sepekan, mulai eksodus WN India hingga analisa bencana NTT

Salah seorang warga di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur sedang membersihkan sejumlah prabot rumah tangga yang terendam air banjir, Rabu (21/4) (Antara/ Benny Jahang)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora mendapat perhatian sepekan terakhir yang masih menarik disimak pada Minggu, beberapa di antaranya eksodus WN India ke Indonesia hingga analisa dan dampak bencana di NTT.

Berikut rangkuman berita humaniora selama sepekan:

1. 127 WN India eksodus ke Indonesia naik pesawat carter

Sebanyak 127 Warga Negara Asing (WNA) asal India melakukan eksodus ke Indonesia menggunakan pesawat carter serta melengkapi diri mereka dengan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) ditengah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di negara tersebut.

"Betul, mereka melalui Bandara Soekarno-Hatta naik pesawat carter dari India pada tanggal 21 April 2021 pukul 19.30 dengan pesawat carter QZ9BB ex MMA," kata Kepala Sub Direktorat Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Benget, melalui pesan singkat, Jumat.

2. Pulau Batam kembali berzona merah akibat meningkatnya COVID-19

Kecamatan-kecamatan di pulau utama Kota Batam, Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau kembali berzona merah, seiring dengan meningkatnya penularan COVID-19 di kota kepulauan itu.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam mencatat pada Jumat, dari sembilan kecamatan di pulau utama, delapan di antaranya berzona merah, yaitu Sekupang, Lubukbaja, Bengkong, Nongsa, Batam Kota, Sei Beduk, Sagulung, dan Batuaji. Sedangkan satu kecamatan lainnya zona kuning, yaitu Batuampar.

3. Ramadhan, Kemensos cairkan bansos PKH tahap II senilai Rp6,53 triliun

Kementerian Sosial mencairkan bantuan sosial tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II sebesar Rp6,53 triliun, yang didistribusikan awal Ramadhan 1442 Hijriah.

Total pencairan bansos PKH sudah mencapai Rp15,35 triliun, yang diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di tengah tren kenaikan harga kebutuhan bahan pokok pada bulan puasa ini.

"Pencairan bantuan ini untuk Tahap II, kebetulan bulan April. Jadi pas bersamaan dengan awal puasa,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

4. Kebakaran hebat di Gunungputri Bogor akibat sambaran petir

Kebakaran di sebuah kebun yang menjadi penyimpanan tumpukan ban bekas di Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akibat sambaran petir.

"Iya, tumpukan karet ban yang terbakar," ungkap Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bogor Sigit Wibowo di Bogor, Senin.

Menurut dia, kebakaran yang terjadi mulai pukul 18.50 WIB itu akibat sambaran petir pada pohon, kemudian apinya merambat ke tumpukan ban bekas.

5. Analisa dan dampak bencana alam di NTT

Dua pekan usai bencana alam melanda 20 daerah kota/kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tidak kurang dari 181 penduduk setempat meninggal dunia.

Selain itu, bencana alam yang berlangsung Ahad (4/4), mengakibatkan 225 penduduk lainnya mengalami luka serta 48 lainnya dinyatakan hilang.

Mereka adalah para korban yang terdampak bencana tanah longsor hingga banjir bandang di Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat.
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021