Jakarta (ANTARA) - Ketua Asian Pacific Society of Respirology, Erlina Burhan mengemukakan kebijakan melepas masker di Amerika Serikat dikarenakan tingkat kepesertaan vaksinasi COVID-19 yang relatif tinggi.

"Kalau saya ingin menjelaskan kondisi Amerika dan Indonesia itu berbeda. Pertama, mereka sudah mencapai 'herd immunity' vaksinasi sudah cukup banyak di atas 100 juta yang divaksin karena mereka punya fasilitas itu semua Pfizer dan Moderna," katanya dalam acara webinar pentingnya jaga imunitas tubuh meski sudah divaksinasi, Rabu.

Dokter spesialis paru di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur itu mengatakan kemampuan memproduksi vaksin secara mandiri di Amerika Serikat telah membuat program vaksinasi berjalan optimal.

Baca juga: Bio Farma upayakan pasokan Sinopharm untuk Vaksinasi Gotong Royong

"Mereka fokus pada rakyatnya dulu, makanya kita belum dapat Pfizer dan Moderna mereka sudah capai 'herd immunity' yang diharapkan terjadinya perlambatan, melandai dan ke depannya juga menjadi negara yang endemis saja," ujarnya.

Atas dasar itu, kata Erlina, otoritas terkait di Amerika Serikat memiliki wacana untuk mengizinkan rakyatnya melepas masker di ruang terbuka, kecuali saat kerumunan.

"Mungkin Amerika outbond olahraga di luar. Tapi tidak boleh ditiru di Indonesia, karena capain vaksinasi kita belum banyak, jadi yang punya kekebalan baru sedikit," katanya.

Indonesia baru memungkinkan menerapkan kebijakan melepas masker manakala sudah sampai pada target kekebalan komunal atau 'herd immunity'.

Meski demikian, Erlina mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penularan COVID-19 mengingat virus SARS-CoV-2 berkembang dinamis.

"Dulu awalnya hanya yang sakit yang pakai masker. Sekarang semua orang pakai masker baik yang sakit maupun yang tidak. Jadi ini jangan buru-buru meniru," katanya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperbarui panduan pemakaian masker dan mengonfirmasi orang yang telah disuntik dua dosis vaksin COVID-19 tak perlu lagi bermasker di luar ruangan kecuali berada dalam kelompok besar orang.

Sementara itu, mereka yang belum divaksinasi penuh harus tetap memakai masker dalam situasi tersebut.

Baca juga: 11.981.034 orang terima vaksin COVID-19 per 27 April
Baca juga: AS umumkan tambahan dukungan Rp50,75 miliar untuk vaksinasi Indonesia

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021