Jakarta (ANTARA) - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) meraih penghargaan Inklusivitas Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities (ASIC) 2021 yang diberikan oleh Pendiri dan Ketua ASIC Dr Maurice Dimmock.

“Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) percaya bahwa proses pendidikan merupakan proses seumur hidup. Semenjak berdiri, salah satu warisannya yang masih dipelihara hingga saat ini adalah memfasilitasi praktik kebebasan beragama dan berkeyakinan di kampus, melalui penyediaan tempat ibadah serta badan perwakilan mahasiswa dalam penyelenggaraan ibadah, berdoa, berdakwah, mengamalkan keyakinan dan perayaan hari keagamaan,” ujar Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Prof Dr Rudy Harjanto, MSn dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

ASIC Inclusivity Award 2021 sendiri adalah penghargaan yang diberikan untuk kemajuan, pencapaian, dan dampak inisiatif inklusivitas dalam konteks promosi pendidikan dan nilai kewarganegaraan global yang diselenggarakan ASIC (Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities) berpusat di Inggris untuk mendukung 'Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang ke-4, 5, 10, dan 16.

Isinya, memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua; Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan; mengurangi ketimpangan di dalam dan antar negara; mendukung masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi-institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua level.

Baca juga: PII dan UPDM berikan pelatihan bisnis digital bagi pelaku UMKM

Baca juga: "Kampus Merdeka" arahkan mahasiswa jadi penggerak transformasi


Rektor berharap dengan penghargaan itu, toleransi di Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia makin terpelihara dengan kuat. Untuk dunia akademik, adaptasi terhadap perubahan dan kolaborasi dosen mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kualitas karya ilmiah demi pembangunan bangsa dan negara.

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof Agus Setyo Budi MSc mengapresiasi dan turut bangga atas Penghargaan Inklusivitas ASIC 2021 yang diterima oleh kampus itu.

"Selamat untuk Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang telah menunjukkan dirinya di Indonesia dan mata dunia sebagai kampus dengan lingkungan belajar yang sehat, nyaman, dan aman dalam hal toleransi beragama dan keberagaman," ujarnya.

Agus berharap penghargaan itu dapat menginspirasi bagi perguruan tinggi lainnya di lingkungan LLDikti Wilayah III untuk selalu menciptakan iklim yang kondusif agar terwujudnya holistic wellness, maka seluruh bagian akan merasakan kebahagiaan, kegembiraan, dan semangat untuk berpacu dalam mengukir prestasi.*

Baca juga: Universitas Moestopo salurkan 5.355 bantuan sembako Presiden

Baca juga: Rektor: Kampus Merdeka penting bagi mahasiswa tingkatkan kompetensi


Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021