Pengusaha harap Hari Buruh diisi kegiatan tingkatkan kapasitas pekerja

Pengusaha harap Hari Buruh diisi kegiatan tingkatkan kapasitas pekerja

Peta penutupan arus lalu lintas sehubungan peringatan Hari Buruh yang diunggah Polda Metro Jaya melalui akun instagram @TMCPoldaMetroJaya, di Jakarta, Sabtu (1/5/2021). (ANTARA/Instagram@TMCPoldaMetroJaya)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang berharap perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) bisa diisi kegiatan-kegiatan positif yang dapat meningkatkan kapasitas pekerja di tengah perubahan teknologi seperti saat ini.

"Kita berharap perayaan Hari Buruh tahun ini diwarnai dengan kegiatan positif seperti diskusi, sarasehan, FDG atau seminar yang dapat meningkatkan SDM pekerja/buruh kita di tengah perubahan teknologi yang semakin canggih dan ini semua dapat dilaksanakan secara digital/zoom," kata Sarman di Jakarta, Sabtu.

Sarman mengingatkan agar buruh tak melakukan aksi secara fisik guna mencegah penularan dan berpotensi menciptakan klaster baru. Buruh diminta waspada mengingat kasus COVID-19 di Eropa dan India yang terus mengalami kenaikan.

"Kita harus bergerak bersama melawan penyebaran COID-19 untuk keselamatan bersama dan percepatan pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Kalangan dunia usaha pun menyampaikan selamat Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei ini. Perayaan Hari Buruh yang bertepatan dengan bulan Ramadhan menjadi momentum untuk saling meningkatkan keimanan, persatuan, sekaligus mengendalikan pandemi.

"Semoga perayaan buruh yang bertepatan dengan bulan Ramadhan menjadi momentum untuk saling meningkatkan keimanan, soliditas serta kebersamaan dalam upaya kita mengendalikan penyebaran COVID-19," kata Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut Hari Buruh atau May Day 2021 adalah perayaan atas harapan yang dia dorong peringatannya diisi dengan kegiatan positif.

"Peringatan May Day tahun ini mari kita isi dengan kegiatan-kegiatan positif. Kegiatan-kegiatan yang dapat membantu dan mendukung satu sama lain, mengingat pandemi COVID-19 berdampak besar terhadap kondisi ketenagakerjaan kita," kata Menaker.

Ida mengatakan bahwa perayaan tahun ini harus dimaknai sebagai perayaan atas harapan untuk sama-sama membangun Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: Peserta aksi buruh ikuti tes usap antigen
Baca juga: Polisi tutup Jalan Sudirman-Thamrin menyusul adanya kegiatan May Day
Baca juga: Ketua DPR pastikan parlemen konsisten perjuangkan kepentingan buruh

 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021