Deliserdang (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melakukan kunjungan ke Pasar Raya Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (1/5).

Kunjungan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk memastikan harga barang kebutuhan pokok stabil di Wilayah Sumatera Utara.

Di Pasar Raya MMTC, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, melakukan sidak langsung dan berdasarkan pantauannya, harga kebutuhan pokok di Sumut sebagai salah satu wilayah dengan harga komoditi pangan terbaik di Pulau Sumatera.

Baca juga: Mendag: Pemanfaatan teknologi digital kunci transformasi UMKM

Seperti komoditi daging sapi yang stabil di harga Rp125 ribu per kilogram. Lalu cabai rawit yang sudah turun menjadi sekitar Rp20 ribu per kilogram. Bahkan harga cabai merah telah berada di bawah Rp25 ribu per kilogram.

"Ketersediaan barang di Sumut ini baik, bagus, terjangkau dan stabil. Salah satu yang terbaik di Sumatera. Termasuk untuk Ramadan dan Idul Fitri," katanya.

Sementara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, saat ini memang daya beli masyarakat di Sumatera Utara sedang kurang baik. Salah satunya akibat lambatnya pergerakan ekonomi yang tengah terdampak Pandemi COVID-19.

"Meski begitu kita akan segera mempercepat pengucuran anggaran baik dari Pusat (APBN) maupun dari APBD agar uang segera beredar di masyarakat guna mendorong laju perekonomian," katanya.

Ia juga mengatakan ke depannya perlu melakukan pengaturan terhadap masa tanam pada beberapa tanaman.

Jadi ketika panen, harga tidak jatuh dan saat ketersediaan barang terbatas harga di pasar pun tidak melambung tinggi.

Baca juga: Hari pertama puasa, Mendag: Harga kebutuhan pokok di Bandung stabil
Baca juga: Mendag dan Ridwan Kamil pantau harga kebutuhan pokok di Bandung

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021