DKI sepekan, tumpahan minyak laut hingga larangan mudik

DKI sepekan, tumpahan minyak laut hingga larangan mudik

Kendaraan terjebak macet di Jalan Tol Cawang-Grogol, Jakarta, Sabtu (1/5/2021). Berdasarkan data transaksi volume lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama) pada H-5 larangan mudik atau Sabtu (1/5/2021) dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.12 WIB sebanyak 14.382 kendaraan meninggalkan DKI Jakarta masuk ke GT Cikatama menuju arah Palimanan. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting dan menarik menghiasi berita Kota Metropolitan Jakarta selama sepekan antara 25 April hingga 1 Mei 2021 mulai dari informasi tumpahan minyak di laut, hingga informasi terbaru mengenai pelarangan mudik.

Berikut dirangkum kembali berita Jakarta sepekan yang masih menarik dibaca mengisi hari Minggu anda.

1. Tumpahan minyak cemari perairan Untung Jawa Kepulauan Seribu

Jakarta (ANTARA) - Limbah tumpahan minyak (oil spill) yang mencemari perairan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Masalah sudah dilaporkan Lurah Supriyadi kepada pihak terkait.

Selengkapnya di sini.

2. DKI teliti penyebab kembali munculnya klaster perkantoran

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan pihaknya sedang meneliti penyebab kembali munculnya klasterperkantoran di Ibu Kota akhir-akhir ini.

"Atas peningkatan itu, kami sedang cek kembali apa yang menjadi penyebab, apakah terjadinya di perkantoran atau diawali dengan klaster rumah, misalnya, atau apakah di perjalanan pergi, di perjalanan pulang atau di kantor itu sendiri, atau di tempat lain, ini memang sedang kami cek kembali," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

3. Dishub DKI terapkan izin keluar masuk pada 6-17 Mei 2021

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM) selama larangan mudik pada periode 6-17 Mei 2021.

"DKI melaksanakan dan memberlakukan SIKM tersebut dalam pelaksanaan larangan mudik tanggal 6-17 Mei 2021," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.

4. Disparekraf DKI tak terkait dengan dua pelaku curang karantina

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta tak terkait dengan dua pelaku kecurangan untuk mengelabui ketentuan kekarantinaan yang diamankan di Bandara Soekarno Hatta.

"Tidak, itu bukan aset dari Disparekraf, kami tidak mengenal mereka. Mereka bukan pegawai, bukan ASN, honorer, atau PDLP. Kami tidak mengenal dan tidak pernah merekomendasikan," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

5. DKI diminta jaga momentum pemulihan ekonomi

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta DKI Jakarta beserta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Ibu Kota di tengah COVID-19 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Bapak Presiden (dalam rapat virtual) Jokowi mengarahkan bagaimana menjaga agar momentum yang sekarang ada agar tetap bisa terus bergerak positif," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

6. Disdik: Rekomendasi IDAI soal sekolah tatap muka tetap diperhatikan

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menyatakan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait sekolah tatap muka tetap diperhatikan.

IDAI tidak mendukung sekolah tatap muka mengingat kondisi pandemi.

Selengkapnya di sini.

7. Kepgub pemberlakuan SIKM sudah ditandatangani Anies

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan Keputusan Gubernur (Kepgub) yang menjadi landasan pemberlakuan kembali Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sudah ditandatangani oleh Gubernur Anies Baswedan pada Jumat.

"Ya saya kira hari ini sudah ditandatangani oleh pak Gubernur suratnya, untuk pembuatan bisa dilakukan melalui aplikasi," ujar Riza di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

8. PO Terminal Pulogebang naikkan harga tiket 50 persen

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otobus (PO) antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur mulai menaikkan harga tiket keberangkatan hingga 50 persen dari biasanya.

Kepala Terminal Bus Terpadu Pulogebang Bernard Pasaribu saat dikonfirmasi, di Jakarta, Sabtu, mengatakan kenaikan harga tiket tersebut menyusul peraturan larangan mudik yang akan diberlakukan mulai 6 Mei 2021.

Selengkapnya di sini.

9. Jelang larangan mudik, KAI tidak tambah jumlah perjalanan kereta

Jakarta (ANTARA) - PT KAI (Persero) menegaskan tidak menambah jumlah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dengan keberangkatan dari Jakarta, baik Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir menjelang masa larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Sabtu, mengatakan hingga kini tiket perjalanan untuk 6 - 17 Mei 2021 belum dijual atau belum dapat dilakukan pemesanan.

Selengkapnya di sini.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021