Kapolri dan Menkoinfo bahas pembangunan infrastruktur TIK di daerah 3T

Kapolri dan Menkoinfo bahas pembangunan infrastruktur TIK di daerah 3T

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memberikan keterangan pers, di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/5/2021). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam rangka audiensi membahas pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di daerah 3T yakni terdepan, terpencil, dan tertinggal.

Menkominfo Johnny G Plate usai pertemuan, di Gedung Rupattama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa, mengatakan diskusi dengan Kapolri untuk menerjemahkan secara teknis program-program dan kebijakan Presiden Joko Widodo di sektor kominfo.

"Kebijakan presiden di sektor kominfo yaitu secara spesifik dalam rangka mengantar dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama bermigrasi ke ruang digital," kata Johnny.

Untuk itu, lanjut Johnny, perlu dibangun infrastruktur digital TIK yang lebih memadai di seluruh wilayah Tanah Air.

Berkaitan dengan itu Kominfo membangun infrastruktur TIK di wilayah 3T melalui Badan Layanan Umum (BLU) Bakti Kominfo.

Dalam rangka menyukseskan rencana pembangunan infrastruktur tersebut, kata Johnny, Kominfo perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, lintas kementerian lembaga, pemerintah daerah hingga kepolisian.

"Untuk itu, hari ini saya bertemu dan berdiskusi dengan Bapak Kapolri untuk bagaimana bekerja bersama-sama memastikan pelaksanaan pembangunan berjalan dengan lancar di wilayah kerja Kominfo di seluruh Indonesia," kata Johnny.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri melihat teknologi informatika menjadi sebuah kebutuhan yang tinggi saat ini terlebih di masa pandemi COVID-19, oleh karena itu perlu didukung pembangunan ruang digital yang merata di semua wilayah.

"Polri siap mendukung seluruh program dari Kominfo dalam rangka membangun infrastruktur TIK, sehingga segera terwujud bisa segera memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat, baik yang ada di wilayah yang jauh, sehingga kemudian memiliki kemampuan yang sama, fasilitas yang sama seperti masyarakat yang ada di wilayah perkotaan," kata Kapolri.
Baca juga: Kapolri-Menkominfo dijadwalkan hadiri diskusi Santun Bermedia
Baca juga: Menkominfo sebut SE Kapolri hanya ingatkan aturan yang ada
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021