Kemarin, kecam Israel hingga DPR ingatkan kenaikan kasus COVID-19

Kemarin, kecam Israel hingga DPR ingatkan kenaikan kasus COVID-19

Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/HO-DPR RI/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Minggu (9/5) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai kecaman atas penyerangan Israel kepada Palestina, hingga DPR ingatkan waspada kenaikan kasus COVID-19 setelah lebaran.

Klik di sini untuk membaca berita lengkapnya

1. NU Jatim serukan sanksi internasional terhadap Israel

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengecam keras dan menyerukan pemberian sanksi internasional terhadap Israel lantaran menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa pada Jumat (7/5).

Ketua PWNU Jatim K.H. Marzuqi Mustamar di Surabaya, Minggu, mengatakan bahwa NU Jatim juga menginstruksikan kepada nahdiyin membaca Qunut Nazilah dan Hizin Nashor di sisa bulan puasa tahun ini.

Selengkapnya di sini

2. Puan: Jangan sampai usai Lebaran terjadi peningkatan kasus COVID-19

Ketua DPR, Puan Maharani, menegaskan, jangan sampai usai Lebaran 1442 Hijriah terjadi peningkatan kasus Covid-19 sehingga masyarakat harus bersikap sabar dengan tidak pulang kampung alias mudik Idul Fitri.

"Kita lebih penting pencegahan agar penyebaran (virus) Korona tidak meningkat, karena Covid-19 masih ada dan (belum tahu) kapan berakhir," kata dia, saat meninjau penyekatan arus pulang kampung berlebaran di dermaga Pelabuhan Merak, Banten, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Komnas HAM Papua: Atasi kelompok bersenjata jangan timbul masalah HAM

Perwakilan Komnas HAM Papua, Frits Ramandei, meminta tentara dan polisi agar benar-benar menghormati prinsip-prinsip HAM dalam melakukan operasi penegakan hukum terhadap kelompok bersenjata Papua yang sekarang dicap sebagai kelompok teroris.

"Jangan sampai operasi-operasi ini justru nantinya menimbulkan problem-problem HAM yang baru di tengah masyarakat. Kami minta kedepankan pendekatan penegakan hukum, bukan pendekatan operasi," kata dia, di Timika, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Umat Kristiani Ilaga lakukan ibadah Minggu tanpa rasa takut

Umat Kristiani di Kota Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak, Papua menggelar kegiatan ibadah Minggu seperti biasanya di gereja mereka masing-masing, tanpa rasa takut dan khawatir dengan ancaman teror penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy, di Timika, Minggu, mengatakan situasi keamanan di Kota Ilaga saat ini sudah semakin kondusif.

Selengkapnya di sini

5. DPR minta eksekutif respons rencana Jepang buang limbah nuklir ke laut

Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi lingkungan hidup Daniel Johan meminta pihak eksekutif segera merespons dengan tegas terkait rencana Jepang yang akan membuang limbah nuklir ke laut.

"Bahaya ini, harus serius direspons pemerintah dan langsung melayangkan nota protes keberatan," kata Daniel melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021