Di dalam kerja sama tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan 10.000 alat tes usap antigen untuk digunakan sebagai alat skrining COVID-19, khususnya para peserta mudik Lebaran
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) menyiapkan layanan tes usap antigen gratis bagi para pemudik pada arus balik Lebaran 2021 sebagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Dekan FK Unhas yang juga Ketua Satgas COVID-19 Unhas Prof dr Budu, P.hD di Makassar, Senin, mengatakan, saat pertemuan bersama BPBD Sulsel, mereka menyampaikan masih ada stok bahan tes cepat antigen yang dapat dimanfaatkan.

"Maka Prof Dr Andi Asadul anggota Satgas COVID-19 Unhas dan Tim Ahli TGUPP Kesehatan Sulsel yang saat itu hadir langsung merespon dan menyarankan untuk memanfaatkan stok rapid antigen bagi masyarakat usai mudik guna mengantisipasi adanya penularan baru," katanya.

"Tim tes cepat antigen ini sudah terbentuk dan bahkan sudah mulai bekerja," kata Budu.

Ia menjelaskan saat ini kasus dan kejadian COVID-19 di Sulsel mengalami penurunan yang cukup signifikan dan semakin stabil.

Namun demikian, kata dia, kestabilan ini tidak boleh membuat upaya pencegahan penanganan lemah. Perlu ada upaya konsisten dan semakin ketat agar kasus COVID-19 di Sulsel segera bisa ditekan dan menghindari lonjakan kejadian.

Menurut dia di dalam kerja sama tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan 10.000 alat tes usap antigen untuk digunakan sebagai alat skrining COVID-19, khususnya para peserta mudik Lebaran.

Alat tes usap itu juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat lainnya, termasuk mahasiswa pendidikan profesi, dosen atau staf lingkup Unhas yang membutuhkan.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan tes usap antigen, kata dia, bisa menghubungi Satgas COVID-19 Unhas atau FK untuk diberikan pengantar ke tim tes cepat antigen. Hal ini dilakukan secara sistematis untuk memudahkan proses pelaporan.

"Untuk pemeriksaan tim kami bisa mobile, bisa juga statis. Jadi misal jika ada instansi ataupun lembaga lain yang membutuhkan untuk pegawai mereka untuk kepentingan skrining, kami siap membantu dan mengunjungi langsung,” katanya.

Masyarakat yang membutuhkan dapat menghubungi Rumah Sakit Unhas, Gedung A Lantai 3, atau menghubungi nomor Husni (0853 9493 4919), Edwin (0821 9097 9079) atau Kevin (0853 1181 4110)

Tim tes cepat antigen ini tidak menetapkan batas waktu pemeriksaan usap di mana pemeriksaan akan dilayani selama persediaan alat tes usap antigen tersedia, demikian Budu.

Baca juga: Unhas kampus pertama vaksinasi seluruh dosen dan tenaga kependidikan

Baca juga: Satgas Covid-19 Unhas bagikan ribuan masker untuk warga

Baca juga: Pemudik di Makassar pilih jalur tikus hindari penyisiran petugas

Baca juga: Satgas Covid-19 Unhas bagikan ribuan masker untuk warga

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021