Serang (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Serang, Banten, menggelar aksi teatrikal mengecam penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Aksi teatrikal tersebut dilakukan dari depan kampus UIN Banten hingga Alun-alun Kota Serang, di Serang, Senin.

Dalam teatrikalnya HMI MPO Cabang Serang menampilkan empat orang Palestina yang disiksa Israel. Sepanjang jalan, orang Palestina itu meminta tolong saat ditendang dan ditarik menggunakan tali.


Baca juga: Indonesia akan terus dukung perjuangan Palestina: Menlu RI

Beberapa warga yang melihat memberikan dukungan kepada pemeran orang Palestina, bahkan ada yang ikut memukul pemeran orang Israel.

Sambil melakukan aksi teatrikal, HMI MPO Cabang Serang mengumpulkan donasi bantuan untuk warga Palestina. Hingga di Alun-alun diketahui donasi terkumpul sebanyak Rp712.200  untuk Palestina.

Koordinator aksi, Walinegara, mengatakan, pihaknya mengecam penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Penyerangan yang dilakukan Israel merupakan kejahatan kemanusiaan.

"Apa pun alasan yang disampaikan Israel, penyerangan terhadap Palestina sangat tidak bisa diterima kemanusiaan," kata Walinegara di sela-sela aksi.

Baca juga: PKS dukung sikap pemerintah bela hak-hak rakyat Palestina

Ia mengatakan, pihaknya mempertanyakan sikap para pemimpin negara Islam dan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, yang sampai saat ini tidak ada tindakan konkret untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

"Sejauh ini yang ada hanyalah pernyataan semata. Namun belum ada tindakan nyata dari para pemimpin negara Islam dan negara yang mayoritas beragama Islam seperti Indonesia ini," kata dia.

Dengan aksi yang ia lakukan, diharapkan mampu menumbuhkan sikap solidaritas pemahaman masyarakat Indonesia, khususnya di Kota Serang, bahwa perdamaian dan pembebasan Palestina harus disokong oleh seluruh pihak.

"Tak akan ada perdamaian dan pembebasan Palestina jika kita semua hanya berdiam diri saja. Segala bentuk dukungan akan sangat berarti untuk saudara-saudara kita di Palestina. Untuk dana yang telah kami kumpulkan, akan disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang Raya," katanya.

Baca juga: Baznas kerahkan 100 personel dukung aksi bela Palestina di Monas

Sementara itu, Branch Manager ACT Serang Raya, Ais Komarudin, menyampaikan apresiasinya terhadap HMI MPO Cabang Serang dan masyarakat Kota Serang, yang telah mempercayakan bantuan untuk Palestina kepada pihaknya.

"Bukan soal berapa yang kita berikan kepada saudara kita di Palestina. Tapi bagaimana kehadiran kita atas penderitaan saudara kita di Palestina. Karena mereka (warga Palestina) bukan merindukan uang kita, tapi kehadiran dan keberpihakan kita atas apa yang menimpa mereka," katanya.

Pewarta: Mulyana
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021