Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lampau yang cukup berpengaruh seperti Syech Nawawi al-Bantani dan Husein Jayadiningrat. Banten juga memiliki tokoh literasi nasional yang sangat diperhitungkan dan sangat mewarnai gerakan literasi di Tanah
Serang (ANTARA) - Provinsi Banten menjadi tuan rumah Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2021 yang akan diselenggarakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten pada tanggal 26-30 Mei 2021.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Arys Hilman Nugraha dalam jumpa pers secara virtual di Serang, Kamis, menjelaskan Festival Hari Buku Nasional 2021 itu bakal menghadirkan para penulis ternama, seperti Nidu Paras Erlang yang berhasil menyabet penghargaan Katulistiwa Literary Award 2020, Akmal Nasery Basral, Gol A Gong hingga Pidi Baiq.

Ia menjelaskan untuk kedua nama terakhir Gol A Gong dan Pidi Baiq, mereka menyebutnya "tawuran" antara Si Roy dan Dilan.

Publik pembaca mengetahui bahwa Gol A Gong adalah penulis novel legendaris “Balada Si Roy” pada tahun 90-an sementara Pidi Baiq adalah penulis novel Dilan yang sedang digandrungi oleh pembaca milenials.

Selain itu, kata Arys, FHBN 2021 akan menampilkan juga diskusi dengan para pegiat literasi Banten, penampilan seni dari berbagai komunitas hingga diskusi mengenai Undang-Undang Sistem Perbukuan nasional yang akan dihadiri anggota DPR Ferdiansyah, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy
selaku dan pelaku perbukuan Bambang Wasito.

“Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lampau yang cukup berpengaruh seperti Syech Nawawi al-Bantani dan Husein Jayadiningrat. Banten juga memiliki tokoh literasi nasional yang sangat diperhitungkan dan sangat mewarnai gerakan literasi di Tanah Air,” kata Arys Hilman Nugraha.

Sementara itu, Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan FHBN 2021 menyatakan komitmennya untuk ikut menyukseskan pergelaran itu.

Ia berharap festival ini menjadi pengingat akan kontribusi tokoh-tokoh seperti Syech Nawawi dan Husein Jayadiningrat.

Senada dengan Fatah Sulaiman, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang terlibat dalam konferensi pers menyatakan dukungan festival ini sejak awal dan merekomendasikan kepada perusahaan dan masyarakat umum untuk terlibat dalam aksi "sejuta buku" yang nantinya akan disebarkan ke perpustakaan dan taman bacaan masyarakat.

Bahkan, Wagub akan ikut merayakan festival ini dengan meluncurkan buku yang ditulisnya berjudul “Yang Muda Yang Bekerja”

Ketua Pelaksana FHBN 2021 Wahyu Rinanto mengatakan, FHBN 2021 adalah penyelenggaraan pertama yang dilaksanakan secara luar ruangan (luring).

Dengan pandemi yang belum usai ini dipastikan dalam pelaksanaannya akan mengikuti protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Baca juga: Al-Quran Mushaf Al-Bantani Selesai Diperbaiki

Baca juga: IKAPI dan Bekraf gairahkan penjualan buku ke luar negeri lewat IPP

Baca juga: Mahasiswa Untirta Telusuri Jejak Situs Lawang Abang di Serang

Baca juga: Mizan gelar pameran buku daring, ada diskon hingga 90 persen

 

Pewarta: Mulyana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021