Ade Yasin ajak warga cintai kuliner Bogor demi pulihkan ekonomi daerah

Ade Yasin ajak warga cintai kuliner Bogor demi pulihkan ekonomi daerah

Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin mengajak masyarakat untuk mencintai kuliner asal wilayahnya sendiri agar menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi imbas pandemi COVID-19.

"Salah satu spirit yang harus dikedepankan ialah dengan mencintai kuliner tradisional. Kehadiran kuliner tradisional dengan olahan modern menjadi inovasi dan alternatif solusi dalam mendukung komunitas pangan lokal dalam rangka pemulihan ekonomi daerah," ungkapnya di Cibinong, Bogor, Jumat (21/5).

Ia mengaku akan terus mengampanyekan gerakan cinta kuliner sendiri, terlebih menjelang peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539 yang jatuh pada 3 Juni 2021.

Politisi PPP itu menyebutkan bahwa dengan mencintai kuliner tradisional, maka turut peduli dalam menjaga eksistensi dan identitas budaya lokal.

“Menjaga eksistensi kuliner tradisional serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing, akan memberi dampak positif bagi masyarakat. Pengenalan makanan tradisional kepada generasi muda juga penting karena dapat memperkuat identitas budaya lokal kita," kata Ade Yasin.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor, Zaenal Syafrudin menyebutkan, pihaknya siap mendukung arahan bupati dengan cara menyelenggarakan "Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal".

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan dan melahirkan berbagai inovasi makanan tradisional asli Kabupaten Bogor, agar tidak pudar diterjang serbuan makanan internasional," ujarnya.

Kegiatan "Gerakan Cinta Makanan Tradisional, Bahan Pangan Lokal" ini akan diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bogor di Kebun Raya Cibinong pada 27 Mei 2021, dengan menghadirkan Chef Celebrity, Chandra Yudaswara.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bogor putar balik 20.112 kendaraan selama 6-16 Mei

Baca juga: Ade Yasin berharap dua bendungan di Bogor rampung Juli 2021
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021