Kemarin, mulai Wagub Papua meninggal hingga tradisi Seba Badui Dalam

Kemarin, mulai Wagub Papua meninggal hingga tradisi Seba Badui Dalam

Pelayat berdoa di samping jenazah Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (21/5/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Jumat (21/5) yang masih menarik dan layak dibaca pagi ini, mulai Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meninggal dunia hingga tradisi Seba yang dilakukan masyarakat Badui Dalam.

Berikut rangkuman berita humaniora kemarin;

1. Pemprov benarkan Wagub Papua Klemen Tinal meninggal

Pejabat Pemerintah Provinsi Papua membenarkan kabar bahwa Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta pada Jumat, pukul 04.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Yudianto kepada Antara di Jayapura, Jumat mengatakan kini jenazah disemanyamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

"Hingga kini kami masih menunggu rencana selanjutnya dari keluarga almarhum terdekat," katanya.

2. Dua kabupaten di NTT masuk zona hijau

Sebanyak dua dari 22 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) keluar dari zona merah dan kembali ke zona hijau COVID-19.

Kedua kabupaten itu adalah Kabupaten Alor dan Belu, wilayah yang berbatasan dengan Negara Timor Leste, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTT David Mandala, di Kupang, Jumat.

"Dalam beberapa hari terakhir ini, ada dua kabupaten yang tidak melaporkan adanya penambahan kasus baru dan masih tetap berada di zona hijau yakni Alor dan Belu," katanya.

3. Batam larang restoran layani makan di tempat

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, melarang rumah makan melayani konsumen yang makan di tempat, melainkan hanya boleh bungkus bawa pulang, dalam pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

"Cuma dibolehkan take away atau dibungkus," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat memimpin rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Batam, Jumat.

4. Pakar analisa temuan 26 mutasi varian baru COVID-19 di Indonesia

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan para pakar tengah menganalisa sejumlah dampak dari temuan 26 mutasi virus COVID-19 di Indonesia.

"Mutasi dan berbagai hal lain tentang COVID-19 nampaknya masih mungkin berkembang dan berubah, dan tentunya perlu kita waspadai dan antisipasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

5. Warga Badui Dalam berjalan kaki tembus hutan demi tradisi Seba

Masyarakat Badui Dalam berjalan kaki di kegelapan dini hari hingga menembus hutan Gunung Kendeng demi melaksanakan ritual upacara tradisi Seba bersama Bupati Lebak Iti Octavia di Pendopo Rangkasbitung.

"Kami wajib melaksanakan tradisi Seba karena titipan dari leluhur," kata Ayah Arina Wakil Jaro Tangtu Badui Dalam Perwakilan Kampung Cikawartana saat ditemui di Lebak, Jumat.
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021