Saya harap dengan sudah dimulainya vaksinasi dan digalakkan kembali kegiatan-kegiatan seperti pameran IKM ini, nadi ekonomi Bali bisa kembali berdenyut
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memaksimalkan kebijakan bekerja dari Bali atau work from Bali sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi di Bali, yang terdampak cukup parah akibat pandemi COVID-19.

"Saya harap work from Bali ini benar-benar dimaksimalkan agar berdampak kepada pemulihan ekonomi Bali," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakan Puan saat meninjau pameran industri kecil dan menengah (IKM) bertema "Bali Bangkit" di Taman Budaya Art Centre, Denpasar, Bali, Kamis.

Baca juga: Puan apresiasi semangat gotong royong dalam vaksinasi COVID-19

Dia menilai kebijakan pemerintah yang menggalakkan work from Bali sebagai salah satu cara membangkitkan perekonomian masyarakat Pulau Dewata tersebut.

Selain itu, dia juga mendorong pemerintah agar berpihak kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan IKM untuk bisa menghadapi dampak pandemi COVID-19.

"DPR RI ingin UMKM dan IKM dapat terus berjalan di masa-masa pandemi ini, jangan sampai berhenti total. Supaya, ketika tiba saatnya nanti Indonesia sudah keluar dari pandemi, UMKM dan IKM dapat langsung kembali 'berlari kencang' usahanya," ujarnya.

Dia menilai pandemi COVID-19 menghadirkan tantangan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi.

Puan menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Bali melambat karena pandemi COVID-19 akibat menurunnya pendapatan dari sektor utama yaitu pariwisata.

"Saya harap dengan sudah dimulainya vaksinasi dan digalakkan kembali kegiatan-kegiatan seperti pameran IKM ini, nadi ekonomi Bali bisa kembali berdenyut, dan pendapatan masyarakat Bali mulai pulih," katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengingatkan pentingnya diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi bagi Bali. Karena itu, dia berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Bali memfasilitasi penguatan sumber-sumber baru pertumbuhan ekonomi di Pulau Dewata tersebut dan terus bersinergi dengan pusat.

Dia tahu masyarakat Bali begitu kreatif sehingga pasti bisa menemukan sumber-sumber baru pertumbuhan ekonomi selain bidang pariwisata, misalnya di bidang digital atau bidang-bidang lainnya.

Baca juga: Survei Y Publica sebut Puan Maharani kandidat terkuat bursa cawapres
Baca juga: Kerja dari Bali, solusi jangka pendek yang jitu
Baca juga: Kementerian PUPR tata kawasan suci Pura Besakih Bali


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021