Polda Metro temukan empat orang hendak ke Soetta terindikasi COVID-19

Polda Metro temukan empat orang hendak ke Soetta terindikasi COVID-19

Petugas medis melakukan tes usap antigen kepada pengendara yang melintas di Km 34 B Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (26/5/2021). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menemukan empat orang yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, terindikasi COVID-19 berdasarkan hasil tes usap antigen di pos penyekatan KM 34 Cikampek arah Jakarta, Sabtu sekitar pukul 14.00 WIB.

"Hasil pemeriksaan terindikasi empat orang positif COVID-19," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta.

Sambodo menjelaskan temuan itu berawal ketiga petugas melakukan pemeriksaan terhadap sebuah kendaraan yang membawa delapan orang menuju ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Lantaran hasil tes usap antigen menunjukkan ada empat orang positif COVID-19, empat orang tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dengan menggunakan bus khusus pasien COVID-19 yang telah disediakan.

"Sedangkan empat orang yang negatif mengikuti rombongan bus menuju Wisma Atlet menggunakan kendaraan sendiri atau terpisah dari bus," ujarnya.

Baca juga: Dirlantas: Tidak ada polisi terinfeksi COVID-19 selama Operasi Ketupat
Baca juga: Polda Metro Jaya temukan 834 warga DKI Jakarta terindikasi COVID-19


Kedelapan orang tersebut dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas COVID-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis.

Pos tersebut disiapkan setelah diterapkan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas COVID-19.

Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas COVID-19, maka yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan tes usap antigen di pos-pos yang sudah disediakan.

Pemudik yang negatif COVID-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota. Sedangkan yang positif akan dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani tes usap PCR.

Adapun lokasi pos pemeriksaan dan layanan tes usap antigen tersebut, yakni:

1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
2. Terminal Kalideres.
3. Terminal Pulogebang.
4. Terminal Tanjung Priok.
5. Terminal Kampung Rambutan.
6. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
7. Jatiuwung, Kota Tangerang.
8. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
9. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
10. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
11. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
12. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
13. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
14. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021