Kita akan merancang 1 juta pengusaha baru melalui jaringan pengusaha baru Kapten Indonesia
Makassar (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan komitmennya dalam mendukung program-program Komunitas penyedia tenaga kerja internasional (Kapten) Indonesia.

“Kita punya anggota di 34 provinsi, kami siap mendukung program-program Indonesia karena tujuan kita hanya satu, nyalakan Indonesia Hebat,” ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional Kapten Indonesia yang digelar di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu.

Ketua DPD RI ini memastikan pihaknya akan turut membantu Kapten Indonesia dan para senator DPD di 34 provinsi akan memberikan pengawalan terhadap program Kapten Indonesia.

Baca juga: Ketua DPD dukung pembangunan pos-pos penjagaan di daerah perbatasan

Ketua DPD RI mengapresiasi kegiatan-kegiatan Kapten Indonesia yang bertujuan membangun sumber daya manusia (SDM) mulai dari tingkat terkecil, yaitu desa. Program-program Kapten banyak menyentuh masyarakat di tingkat kecamatan.

“Karena itu, sudah pantas tagline Kapten Indonesia adalah ‘Membangun Indonesia dari Pinggiran’. Senada dan seirama dengan tagline DPR RI, yaitu ‘Dari Daerah untuk Indonesia’. Karena kita sama-sama orang pinggiran,” ucap LaNyalla.

Baca juga: Ketua DPD beri sejumlah saran tentang ALKI II

Oleh karena itu, peran Kapten Indonesia dianggap sudah sangat tepat yakni dengan fokus mengembangkan kualitas SDM yang dimulai dari desa.

Mantan Ketua Umum PSSI itu memberikan apresiasi kepada Kapten Indonesia yang fokus membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) dari tingkat desa.

Menurutnya, Indonesia membutuhkan SDM handal. Oleh sebab itu, perlu mendukung Kapten Indonesia untuk mencetak SDM unggul kelas dunia. Apalagi, kegiatan Kapten Indonesia difokuskan membangun SDM di tingkat desa dan kecamatan.

Baca juga: Ketua DPD dukung Tanjung Selor jadi Daerah Otonomi Baru

“Semoga apa yang dicanangkan oleh Kapten Indonesia untuk mendirikan 8 juta Kapten kios dan 8 juta program umroh gratis serta 800 ribu haji untuk masyarakat kurang mampu dan program lainnya dapat terlaksana dengan baik,” papar LaNyalla.

Pada acara tersebut, Ketua DPD RI juga berbicara soal pentingnya peran komunitas civil society yang ada di tengah-tengah masyarakat. Sebab, komunitas civil society bisa mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan mewujudkan Indonesia yang lebih baik bukan hanya tugas pemerintah dan bukan pula domain partai politik.

"Mewujudkan Indonesia yang lebih baik adalah tugas kita semua, terutama komunitas civil society yang berada di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Ketua Umum Kapten Indonesia Abdul Rauf melaporkan sejumlah program yang mereka miliki.

“Kami kompak, baik dalam dan di luar negeri. Kapten Indonesia punya 33 badan otonom, untuk memberikan pendampingan dan melatih masyarakat,” ucap Abdul Rauf.

Kapten menyoroti masih banyaknya pengangguran di Indonesia. Untuk itu, Kapten juga membuat program melahirkan pengusaha-pengusaha baru, termasuk pendampingan pembentukan mini market, Kapten kios di desa-desa.

“Kita akan merancang 1 juta pengusaha baru melalui jaringan pengusaha baru Kapten Indonesia,” ujarnya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021