Soetrisno Bachir dorong alumni HMI menjadi pengusaha

Soetrisno Bachir dorong alumni HMI menjadi pengusaha

Ketua Dewan Penasehat Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HIPKA), Soetrisno Bachir (tengah). ANTARA/HO-HIPKA.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Penasehat Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HIPKA), Soetrisno Bachir, mendorong alumni HMI menjadi pengusaha.

Soetrisno Bachir dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Senin, menekankan hal tersebut karena masih minimnya alumni HMI yang terjun di dunia bisnis. Kebanyakan, minat alumni HMI masih di dunia politik.

"Kebanyakan di dunia politik. Tapi para politisi di kita (Indonesia) sudah sangat banyak. Yang kurang itu para pengusaha," kata dia.

Ia menekankan agar sebelum terjun ke politik sudah mapan secara ekonomi, karena untuk beraktivitas di dunia politik, memerlukan dana yang besar.

Untuk itu, Soetrisno Bachir meminta kepada Kordinator Presidium Majelis Nasional (Korpres MN KAHMI), Viva Yoga Mauladi untuk membuat kebijakan strategis agar HIPKA bisa berkembang.

"Misal, dibuat kebijakan, satu-satunya wadah berkumpulnya pengusaha alumni HMI, ya HIPKA," tegas mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (Ketum PAN) itu.

Dia juga menyarankan agar dibuat roadmap agar menunjang tercapainya tujuan tersebut. Peta dibutuhkan guna menunjukkan arah atau jalan yang akan dituju.

Menurut dia dalam bisnis, roadmap bisa diartikan sebagai sebuah rencana yang jelas dan terperinci tentang apa yang harus dicapai. Roadmap bisa dihasilkan melalui focus discussion group di HIPKA.

Soetrisno Bachir juga bersemangat memberikan pengalaman bisnisnya kepada para alumni HMI yang hadir di rakernas HIPKA. Hal itu semata mata ia lakukan agar terjadi perubahan ekonomi yang lebih baik , untuk keluarga besar KAHMI dan masyarakat.

Sementara itu, Korpres MN KAHMI, Viva Yoga Mauladi, mengamini keinginan bosnya di PAN itu. Yoga sapaan akrab dari Korpres MN KAHMI, mendorong alumni HMI memiliki jiwa wirausaha usaha.

Yoga juga mengharapkan HIPKA menjadi wadah berhimpunnya alumni HMI yang pengusaha. Ia juga mendoakan agar pengusaha yang bergabung di HIPKA bisa sukses ke depannya.

"Kalau sudah banyak yang sukses. Untuk kegiatan KAHMI dan HMI kita tidak perlu pusing lagi, tinggal datang ke HIPKA langsung beres," ujar Yoga.

Sementara itu, Deputi Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya menyambut baik inisiatif yang dilakukan HIPKA. Ia pun siap bersinergi dengan pengusaha HIPKA untuk melaksanakan program program pemerintah yang ada.

"Bisa kita diskusikan di kantor saya. Kalau ada yang bagian saya, bisa langsung. Tapi Kalau di luar itu, bisa diarahkan ke deputi lainnya," ujar Eddy Satriya.

Baca juga: HIPKA dukung Presiden Jokowi percepat peningkatan kualitas SDM

Baca juga: HIPKA: Presiden tepat undang KAHMI

Baca juga: Alumni HMI berlatar pengusaha dinilai layak pimpin KAHMI Jatim

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021