Ternate (ANTARA) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kemenhub melakukan investigasi terbakarnya KM Karya Indah di kawasan Kepulauan Sula.

Kepala KSOP Ternate Affan Tabona di Ternate, Selasa, mengatakan tim KNKT telah tiba di Sanana, Kepulauan Sula untuk melakukan investigasi terbakarnya KM Karya Indah rute Ternate-Sanana.

Baca juga: Korban hilang kapal terbakar di Kepulauan Sula belum ditemukan

Menurut dia, kedatangan tim KNKT terkait kebakaran KM Karya Indah saat dalam pelayaran dengan rute Ternate-Sanana, sekitar 5 mil arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula.

"Sesuai manives yang diajukan ke KSOP, ada 181 penumpang dan 14 orang anak buah kapal (ABK). Jumlah tersebut laporan dari nakhoda sebelum kita keluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan ini telah saya laporkan ke Dirjen," kata Affan Tobona.

Terkait dengan perbedaan jumlah penumpang KM Karya Indah, Affan Tobona mengatakan KSOP Ternate berpatokan data resmi yang disampaikan nakhoda sebanyak 181 orang penumpang dan 14 ABK.

Sedangkan, data Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, sesuai daftar penumpang di lapangan tercatat 283 orang, penumpang selamat 282 orang dan satu orang diantaranya bernama Dedi Hidayat (43 tahun) dinyatakan hilang dan sedang dilakukan pencarian.

Dia mengatakan dari jumlah penumpang yang dilaporkan ke KSOP dalam rangka mendapat SPB masih normal, tidak melebihi 300 sesuai dengan kapasitas KM Karya Indah.

Untuk itu, kata Affan Tobona, jika ada penumpang terselubung maupun muatan yang di luar laporan menjadi tanggung jawab nakhoda dan pemilik kapal atau agen. "Dengan sistem yang baru, kita tidak lagi turun periksa satu per satu penumpang, begitu juga dengan muatan," ucapnya.

Baca juga: Kemenhub-Tim SAR evakuasi KM Karya Indah, seluruh penumpang selamat

Baca juga: Seluruh penumpang dan ABK KM Karya Indah diselamatkan dari kebakaran


Seperti diberitakan dalam manives tercatat jumlah penumpang sebanyak 181 orang dan 14 ABK. Sementara data hasil evakuasi yang dilakukan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate terdapat 283 orang penumpang dan 14 ABK.

Jumlah penumpang dengan rincian laki-laki 128 orang, perempuan 97 orang, anak-anak 35 orang, ABK 14 orang, dan masih dalam pencarian satu orang atas nama Dedi Hidayat, laki-laki umur 43 tahun.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021