Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Rabu malam dan dini hari di sejumlah wilayah di Sumatera Utara

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah 1 Medan, Rabu, disebutkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Utara pada malam dan dini hari.

Hujan diperkirakan mengguyur Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan sekitarnya pada malam dan dini hari

Disebutkan cuaca siang hari pada umumnya hujan ringan di seluruh wilayah di Sumut dan sore hingga malam hari potensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Medan, Langkat, Deli Serdang, Binjai, Samosir, Simalungun, Toba, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Asahan, Humbahas, Kepulauan Nias, Tapteng, Sibolga, Madina, Palas, Paluta, Tapsel dan Sekitarnya.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi hujan disertai kilat dan angin kencang
Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia


Cuaca dini hari diprakirakan berawan dan potensi hujan ringan di wilayah Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu.

Suhu udara 24 -33 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, angin berhembus dari Tenggara – Barat Laut dengan kecepatan 05 – 30 km per jam.

Prakiraan Gelombang Laut di perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh – Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias – Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias kategori ringgi dengan tinggi gelombang: 2,5 – 4 meter.

Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda Aceh kategori sedang dengan tinggi gelombang: 1,25 - 2,5 meter.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini potensi hujan petir di Jabodetabek
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan level waspada di Sumsel


Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021