Pelaksanaan vaksinasi drive thru untuk ojek daring dan angkutan umum berlangsung mulai tanggal 2-3 Juni 2021 pukul 08.00- 14.00 WIB.
Depok (ANTARA) - Pengemudi sektor transportasi ojek daring dan angkutan umum mendapat vaksinasi secara drive thru di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kampus UI, Depok, Rabu.

Direktur Utama RSUI, dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K). MPH, menyambut baik adanya program vaksinasi bagi pelaku transportasi umum dan kami telah menyiapkan fasilitas maupun tenaga kesehatan yang diperlukan dengan baik.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan berbagai pihak kepada RSUI sebagai pelaksana vaksinasi dan penyedia fasilitas kesehatan dalam penanganan COVID-19," katanya.

Untuk memperlancar proses vaksinasi drive thru bagi pelaku transportasi umum termasuk mitra pengemudi online, RSUI telah mempersiapkan alur dengan sebaik-baiknya, mulai dari registrasi hingga tahap observasi. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku transportasi umum dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19.

Program ini merupakan kerja sama antara Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang digagas RSUI dan XL Axiata, dengan Dinas Kesehatan Kota Depok bersama sejumlah mitra ojek daring, yaitu Gojek dan Grab serta sejumlah angkutan umum di wilayah Kota Depok.

Pelaksanaan vaksinasi drive thru untuk ojek daring dan angkutan umum berlangsung mulai tanggal 2-3 Juni 2021 (Rabu dan Kamis), pukul 08.00- 14.00 WIB. Selama dua hari tersebut, ditargetkan akan ada sekitar 640 pengendara ojek daring dan 100 pengemudi angkutan umum yang akan divaksin di RSUI.

Para pengemudi dibagi dalam beberapa kelompok agar tidak terjadi penumpukan antrian dan tetap dalam koridor jarak sosial yang aman sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Setiap peserta akan melalui pengecekan kesehatan dan memastikan bahwa mitra ojek daring yang akan divaksin dalam kondisi sehat dan siap menerima vaksin. Usai vaksin diberikan, para peserta juga diminta untuk menunggu 30 menit untuk mengecek dampak vaksin.
Baca juga: RSUI adakan sentra vaksinasi Indonesia Bangkit sistem "drive thru"
Baca juga: Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit perpanjang vaksinasi bagi lansia

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan Vaksinasi ini kita lakukan kepada pelaku transportasi umum termasuk angkutan online karena mereka adalah garda terdepan dalam melayani kebutuhan masyarakat khususnya layanan logistik dan transportasi.

Mereka termasuk kelompok berisiko untuk ditularkan dan menularkan sehingga mereka harus kita tingkatkan imunitasnya dan kita lakukan secara bertahap. Namun demikian, kami juga mengingatkan setelah vaksinasi para mitra pengemudi online juga harus patuh dengan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M.

"Kami sekaligus mengapresiasi dengan Inisiatif J3K -nya, itu sangat bagus dan itu yang kita harapkan, inisiatif tersebut membantu melindungi mitra dan pengguna, karena mereka juga berisiko siapa tau ada yang positif tanpa gejala, dan sekat pembatas juga memberikan ketenangan kepada para penumpang, kami juga menghimbau para mitra bisa mengajak orang tua, teman, atau saudara yang sudah berusia lansia untuk ikut vaksinasi," ujar Dadang Wihana dalam acara vaksinasi mitra pengemudi online di RSUI.

Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O Baasir XL Axiata mengatakan kami menyambut baik mulai dilakukannya vaksinasi untuk kalangan pekerja di sektor transportasi umum, termasuk pengemudi ojek online, yang selama ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Selain akan mengurangi penularan COVID-19, vaksinasi kepada mereka juga ikut mendorong optimisme pemulihan ekonomi masyarakat.

"Kami juga senang, semakin luas kalangan masyarakat yang bisa mendapatkan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit," katanya.

Bagi sejumlah mitra transportasi umum, kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya yang harus terus dilakukan dengan mengedepankan kesehatan dan keselamatan para mitra driver agar dapat bekerja dengan lebih aman dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Selain itu, para mitra juga akan mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi di Indonesia, khususnya vaksinasi bagi lansia dengan program membawa lansia untuk vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit merupakan program kolaborasi yang telah dijalankan sejak 22 Maret 2021 lalu, program ini dapat terlaksana atas kerja sama antara Universitas Indonesia (UI), Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), dengan XL Axiata dan didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Depok serta mitra lainnya. Sampai saat ini, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit masih berlangsung bagi lansia hingga tanggal 23 Juli 2021.
Baca juga: Dinkes Depok-RSUI jalin kerja sama tangani COVID-19
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021