Indramayu (ANTARA) - Tim cagar budaya yang terdiri dari Balai Arkeologi Jawa Barat, Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, dan Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Indramayu, menemukan struktur bangunan berupa bata susun di situs Sambimaya, pada kedalaman 1 meter.

"Kita akan telusuri terus arah struktur bangunan yang ditemukan oleh tim ini," kata Ketua tim penelitian arkeologi Situs Sambimaya Nanang Saptono di Indramayu, Jumat.

Nanang mengatakan temuan struktur bangunan ini akan kembali dilanjutkan dengan melakukan ekskavasi arkeologi di sekitar lokasi temuan.

Baca juga: Arkeolog temukan jejak kehidupan manusia prasejarah di Tambrauw

Menurutnya untuk memastikan struktur bangunan tersebut, tim kembali membuka kotak ekskavasi di sekitar lokasi temuan.

"Selain menemukan struktur bangunan, kami juga menemukan pecahan gerabah lokal dan bata yang banyak berserakan di temuan struktur," tuturnya.

Sementara arkeolog dari BPCB Banten Sonny Prasetiya Wibawa mengindikasikan temuan struktur bata kotak ekskavasi B8 S4 Situs Dingkel 1 ini berdiri sendiri dan tidak terkait dengan temuan sudut di sisi selatan pada ekskavasi bulan Desember tahun 2020.

"Sepertinya struktur ini berdiri sendiri. Namun untuk memastikannya kita akan buka kotak ekskavasi baru," katanyakatany

Sonny berharap dengan adanya temuan struktur bangunan dapat menjawab dugaan yang berkembang di masyarakat apakah itu bangunan candi atau bangunan lain.**

Baca juga: LIPI bangun kawasan geodiversitas Karangsambung berskema SBSN
Baca juga: Ditemukan peralatan dari tulang dan batu di Situs Gua Pangeran

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021