Jambi (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Jambi pada hari ini mengumumkan lima orang pasien COVID-19 yang tersebar di empat kabupaten dan kota meninggal dunia.

"Lima orang pasien COVID-19 yang meninggal pada hari ini di antaranya dua orang di Kota Jambi dan masing-masing satu orang di Kabupaten Batanghari, Tebo dan Sarolangun," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Jum'at.

Dengan demikian hingga saat ini sudah terdapat 190 orang pasien COVID-19 yang meninggal dunia di daerah. Dimana pasien COVID-19 yang meninggal dunia tersebut di dominasi oleh pasien lanjut usia (Lansia).

Baca juga: Lima pasien COVID-19 di Sumut meninggal

Pada hari ini juga terdapat 85 orang warga di daerah itu terkonfirmasi positif COVID-19. Diantaranya 43 orang di Kabupaten Muaro Jambi, 33 orang di Kota Jambi, delapan orang di Kabupaten Tebo dan satu orang di Kabupaten Batanghari.

Sehingga total warga di daerah itu yang terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah 9.915 orang.

Selain itu juga terdapat 60 orang pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh oleh Satgas COVID-19 daerah itu. Di antaranya 30 orang di Kota Jambi dan masing-masing 15 orang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tebo.

"Total pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh berjumlah 8.102 orang dan yang masih menjalani proses perawatan 1.623 orang," kata Johansyah.

Sementara itu, dari sebelas kabupaten dan kota di daerah itu satu kabupaten masih berada di zona merah COVID-19 atau zona resiko tinggi penularan COVID-19 yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kemudian delapan kabupaten dan kota berada di zona oranye COVID-19 atau zona resiko sedang penularan COVID-19. Diantaranya Kota Sungai Penuh, Kota Jambi, Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin, Batanghari, Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dan dua kabupaten lainnya berada di zona kuning COVID-19 atau zona resiko rendah penularan COVID-19, yakni Kabupaten Kerinci dan Sarolangun.

Satgas COVID-19 Provinsi Jambi menghimbau masyarakat di daerah itu untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara disiplin. Yakni mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah.

Baca juga: Kasus positif dan meninggal akibat COVID-19 terus bertambah di Garut
Baca juga: Dinkes Lampung catat kasus kematian akibat COVID-19 bertambah 13
Baca juga: Kasus terkonfirmasi COVID-19 menyebar di 11 daerah Sumut

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021