Kemenhub targetkan revitalisasi Terminal Amplas Medan selesai 2022

Kemenhub targetkan revitalisasi Terminal Amplas Medan selesai 2022

Revitalisasi Terminal Amplas Medan, Sumut, yang tengah dikerjakan Kemenhub ditargetkan selesai pada 2022. ANTARA/HO

Medan (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pekerjaan revitalisasi Terminal Tipe A Amplas Medan, Sumatera Utara, yang merupakan simpul transportasi umum sekaligus pusat aktivitas perekonomian dan layanan publik selesai pada 2022.

"Target dikontrak sebenarnya November 2022, namun bisa lebih cepat. Jika tidak ada kendala, tahun ini kita targetkan selesai 100 persen," ujar Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Marta Hardisarwono di Medan, Sumut, Selasa.

Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam pertemuan dengan berbagai pemangku kepentingan menegaskan Pemkot Medan telah berkomitmen mewujudkan revitalisasi Terminal Tipe A Amplas.

Bahkan, lanjut mantu Presiden Joko Widodo ini, Pemkot Medan akan berusaha keras memberikan akses maupun fasilitas terbaik untuk keberhasilan program pembangunan kembali terminal terakhir angkutan darat tersebut.

"Revitalisasi Terminal Amplas ini akan memberi kenyamanan masyarakat menggunakan transportasi umum. Dengan demikian, masyarakat akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum," terang Bobby.

Namun demikian, pihaknya mendapat informasi terkait beberapa kendala dalam proses pekerjaan terminal. "Terkait masalah sosial, menjadi tanggung jawab Pemkot Medan untuk menyelesaikannya," tegasnya.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumut Batara Pardede, mengaku pihaknya menemukan kendala persyaratan pengurusan sertifikat lahan terminal, sehingga menimbulkan dampak pembangunan pagar, instalasi listrik, dan air.

Baca juga: Kemenhub mulai revitalisasi Terminal Tipe A Amplas Medan
Baca juga: Menhub akan jadikan terminal Amplas Medan seperti Mall
Baca juga: Menhub akan terapkan sistem tiket online di Terminal Bus Medan
Pewarta : Muhammad Said
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021