Ketua DPD RI ajak masyarakat jaga ekosistem laut

Ketua DPD RI ajak masyarakat jaga ekosistem laut

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam kunjungan kerjanya di Magetan, Jawa Timur, Kamis (10/6/2021). ANTARA/HO-Humas DPD RI.

Magetan (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak masyarakat peduli terhadap kelestarian laut dengan menjaga ekosistemnya yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

"Dengan melestarikan alam laut, berarti kita telah melestarikan setengah ekosistem di bumi. Sebab, luas laut separuh dari daerah bumi. Maka kita harus meningkatkan kesadaran untuk menjaga laut," ujar LaNyalla dalam kunjungan kerjanya di Magetan, Jawa Timur, Kamis.

Dalam momentum perayaan Hari Laut Dunia atau "World Ocean Day" yang diperingati setiap tanggal 8 Juni tersebut, Senator asal Jawa Timur itu mengajak masyarakat harus peduli terhadap kebersihan laut yang dimulai dari hal kecil dengan tidak membuang sampah di sungai. Sebab, semua sampah yang dibuang di sungai akan bermuara mengotori pantai dan laut.

Menurutnya, laut juga berfungsi sebagai pengatur suhu di bumi. Sebab laut mampu membawa udara panas dari khatulistiwa menuju kutub. Ia mengatakan banyak hal yang didapatkan manusia dari keberadaan laut.

"Laut juga menghasilkan 70 persen oksigen yang dibutuhkan manusia. Belum lagi kehidupan yang diberikan laut untuk kita. Mulai dari menyediakan sumber makanan bagi manusia, hingga keindahannya baik di pantai maupun di dasar laut yang memesona. Selain itu, laut juga menjadi jalur pelayaran untuk perdagangan internasional," tuturnya.

Sayangnya, ekosistem laut semakin terancam akibat adanya polusi global hingga konsumsi ikan yang berlebihan.

"Kita tahu ada banyak permasalahan yang merusak ekosistem laut. Mulai dari kebiasaan manusia yang tidak disiplin hingga membuat kotor laut, termasuk juga banyaknya perusahaan yang membuang limbah bekas produksi. Maka saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah di pantai dan laut. Karena kehidupan ekosistem di dalamnya terancam," terang LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga menyesalkan masih adanya orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan pukat harimau dan bom untuk mencari ikan.

"Saya juga meminta agar Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan aparat untuk tegas terhadap pelaku yang merusak laut. Termasuk bagi mereka yang menangkapi hewan laut langka," tegasnya.

LaNyalla pun mengimbau masyarakat untuk melindungi hewan laut yang terancam punah. Selain itu, Ketua DPD RI ini juga menyerukan agar banyak dilaksanakan aktivitas penanaman kembali terumbu karang.

Baca juga: Ahli IPB: Ekosistem laut Indonesia beri kontribusi langsung ekonomi
Baca juga: Anggota DPR: Pengelolaan sumber daya laut harus lindungi ekosistem
Baca juga: Menteri Trenggono: Aktivitas ekonomi di laut harus ramah lingkungan
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021