Saat ini, sekitar 10 persen guru yang belum menjalani vaksinasi, meminta agar divaksinasi COVID-19
Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan sudah melaksanakan vaksinasi COVID-19 kepada sekitar 90 persen guru dari 12.918 guru SMA, SMP, SD, dan TK di Kota Bogor, menjelang pembelajaran tatap muka (PTM) pada tahun ajaran 2021/2022 pada Juli 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengatur bahwa salah satu persyaratan pelaksanaan PTM adalah, guru atau tenaga pendidik sudah menjalani vaksinasi.

Baca juga: Mensos tinjau balai perakitan sepeda motor disabilitas di Bogor

Keempat Menteri tersebut adalah, Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), serta Menteri Agama (Menag), yang menerbitkan SKB tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, pada 30 Maret 2021.

Retno, panggilan Sri Nowo Retno, menjelaskan, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan vaksinasi kepada seluruh guru yang terdata pada Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Baca juga: Pemkab Bogor jadikan pameran foto pengingat pandemi belum usai

Vaksinasi COVID-19 terhadap guru di Kota Bogor sudah beberapa kali dijadwalkan dan dilaksanakan, antara lain di SMP Negeri 5 dan di Mal Ekalokasari, tapi sebagian guru tidak hadir, dengan beberapa alasan.

"Saat ini, sekitar 10 persen atau 1.209 guru yang belum menjalani vaksinasi, meminta agar divaksinasi COVID-19," katanya.

Menurut Retno, Dinas Kesehatan saat ini memiliki sedikit vaksin yakni hanya untuk 4.000 sasaran penerima, sedangkan daftar tunggu yang menjadi prioritas penerima vaksin saat ini ada sekitar 40.000 orang.

Baca juga: Pasien positif di Kota Bogor kabur dari Pusat Isolasi COVID-19

Retno menjelaskan persediaan vaksin untuk sekitar 4.000 orang sasaran itu, adalah kiriman dari Kementerian Kesehatan, setelah Menteri Kesehatan berkunjung ke Kota Bogor, pada Selasa (1/6).

Kementerian Kesehatan, kemudian mengirimkan 1.050 vial vaksin Sinovac untuk 5.250 orang sasaran. "Vaksin itu sebagian sudah digunakan, dan saat ini masih ada untuk sekitar 4.000 sasaran penerima," katanya.

Retno menambahkan Dinas Kesehatan terus melanjutkan vaksinasi kepada orang lanjut usia (lansia). Dari sebanyak 95.371 lansia di Kota Bogor, realisasinya sudah mencapai 38.122 orang atau 39,97 persen untuk dosis pertama, dan 33.149 orang atau 34,75 persen untuk dosis kedua.

Baca juga: 11 nakes positif COVID-19, puskesmas di Kota Bogor ditutup sementara

Baca juga: Satgas COVID-19 Kota Bogor awasi prokes di Ponpes Bina Madani


 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021