Pengasuh Ponpes Sidogiri KH Nawawi Abdul Jalil wafat

Pengasuh Ponpes Sidogiri  KH Nawawi Abdul Jalil wafat

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri KH Nawawi Abdul Jalil. FOTO ANTARA/Musyawir/Koz/mes/aa.

Pasuruan (ANTARA) - Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur, KH Mas Nawawi Abdul Jalil  dikabarkan wafat pada Minggu sekitar pukul 16.40 WIB.

"Segenap keluarga besar Nahdlatul Ulama berduka yang mendalam atas wafatnya KH Mas Nawawi Abdul Jalil Sidogiri Pasuruan," demikian seperti dikutip dari akun Twitter @pwnujatim, Minggu petang.

Selain akun Twitter, informasi meninggalnya ulama kharismatik ini juga tersebar melalui beberapa grup WhatsApp.

Bahkan dalam grup WhatsApp yang beredar juga tertulis kepada alumni ponpes supaya jangan datang sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak Ponpes Sidogiri.

Dari informasi yang dihimpun kharismatik ini mengembuskan nafas terakhir di RS Lavalete, Malang, pukul 16.40 WIB. Sebelumnya Kiai Nawawi dirawat selama 4 hari.

Untuk diketahui, KH. Nawawi Abdul Jalil merupakan salah satu ulama kharismatik yang menjadi pengasuh ponpes Sidogiri sejak tahun 2005 silam.

Pesantren Sidogiri sendiri didirikan pada tahun 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban yang masih keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati

Ponpes Sidogiri di Pasuruan adalah salah satu ponpes tertua di Jawa. PP Sidogiri sukses membangun koperasi khususnya di Jatim, salah satunya adalah swalayan Basmalah yang mudah ditemui di wilayah tapal kuda Jatim.

Kiai Nawawi merupakan salah satu kiai khosh bersama dengan sejumlah kiai dari Pasuruan lainnya Mas Syubadar, Langitan (Kiai Faqih), Lirboyo (Mbah Idris).
 
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2021