Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat dua dunia Naomi Osaka mendapatkan tempat untuk Olimpiade mewakili Jepang, sesuai dengan rilis peringkat tenis internasional yang digunakan dalam menentukan kualifikasi otomatis untuk masuk ke Olimpiade Tokyo musim panas ini, Kyodo melaporkan.

Tiket masuk otomatis akan diberikan kepada 56 pemain tunggal putra dan putri teratas, dengan batasan empat pemain per negara, dan 10 pasangan ganda teratas berdasarkan peringkat WTA dan ATP, Senin.

Undian untuk tunggal dan ganda, termasuk slot untuk tuan rumah, dengan Jepang mungkin mendapat tempat tambahan jika pemain yang memenuhi syarat mengundurkan diri karena cedera atau alasan lain.

Osaka mengundurkan diri dari French Open setelah mengungkapkan perjuangannya melawan depresi. Petenis berusia 23 tahun itu mengundurkan diri usai putaran pertama turnamen Grand Slam tersebut, setelah menolak untuk ambil bagian dalam konferensi pers pascapertandingan.

Baca juga: Naomi Osaka tulis pesan untuk fans setelah mundur dari French Open 
Baca juga: Osaka mundur dari French Open dengan alasan depresi 


Sementara itu, Kei Nishikori turun dari peringkat 49 menjadi 57 dalam peringkat ATP. Petenis berusia 31 tahun itu keluar dari 50 besar untuk pertama kalinya sejak September 2011 dan melepaskan posisi pemain putra Jepang berperingkat tertinggi untuk pertama kalinya sejak November 2010.

Gelar itu kini menjadi milik Yoshihito Nishioka, yang naik satu peringkat ke posisi 56.

Baik Nishioka maupun Nishikori, peraih medali perunggu Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu dipastikan masuk ke turnamen Tokyo Games yang akan dipertandingkan dari 24 Juli hingga 1 Agustus di Ariake Tennis Park. 

Baca juga: Kei Nishikori melenggang ke 16 Besar French Open 
Baca juga: Nishikori-Osaka buka suara soal keraguan pelaksanaan Olimpiade Tokyo 
Baca juga: Zverev bermain agresif atasi Nishikori di babak 16 besar French Open 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021