Jayapura (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua guna mengecek serangkaian kesiapan dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih pada Selasa (15/6).

"Ini merupakan kunjungan pertama saya sejak menjabat Kepala Staf Angkatan Laut, meskipun sebelumnya sudah sering ketika menjadi Danlantamal XIV Sorong," kata Laksamana TNI Yudo Margono kepada ANTARA di Jayapura, Selasa.

Baca juga: Kasal buka latihan puncak "Armada Jaya" TNI AL 2021

Menurut Kasal Yudo, selain dalam rangka mendukung PON XX di Papua, tentunya kunjungannya kali ini ingin melihat seberapa jauh perkembangan Lantamal X dalam mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

"Jadi dalam penyelenggaraan PON XX, TNI Angkatan Laut juga mendukung melalui venue cabang olahraga Layar sehingga kunjungan kali ini sekaligus ingin melihat kesiapan Lantamal X untuk menyukseskannya," ujarnya.

Dia menjelaskan tidak hanya itu, kemungkinan ke depan kapal-kapal laut perang AL akan digunakan untuk pergeseran atlet PON dan tempat menginap atlet.

"Hal ini akan ditinjau kembali kesiapannya dengan kunjungan saya ini, di mana jika belum ada maka akan didorong sehingga Lantamal X dapat mendukung sepenuhnya," katanya lagi.

Baca juga: Pemprov Papua minta persiapan PON terus digenjot

Dia menambahkan pihaknya juga mengecek kesiapan Lantamal X dalam mendukung Pemerintah Provinsi Papua dalam menyelenggarakan PON XX.

"Sebagai tugas pokok TNI AL, Lantamal X dapat menyelenggarakan kesiapan unsur-unsur operasional maupun pelaksanaan pembinaan potensi maritim dengan melakukan penegakan hukum dalam rangka patroli kelautan di wilayah Papua," ujarnya lagi.

Dalam kunjungannya, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bersama rombongan juga meninjau fasilitas yang dimiliki Lantamal X Jayapura, venue cabang olahraga layar, peresmian beberapa bangunan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti hingga tatap muka bersama prajurit dan ASN di lingkungan Lantamal X Jayapura.

Baca juga: Kogabwilhan III koordinasi Kodam dan Polda soal pengamanan PON

Baca juga: Kementerian PUPR serah terimakan empat venue PON kepada Pemprov Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021