program tersebut memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh kaum muda Papua untuk memulai dan berhasil menjalankan bisnis mereka sendiri
Jakarta (ANTARA) - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah timur Indonesia, khususnya di Papua, dengan mencetak pengusaha-pengusaha muda di wilayah tersebut melalui Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda.

Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo mengatakan, perseroan dibantu oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) melaksanakan inaugurasi kepada 40 calon pengusaha muda peserta program tersebut yang berusia 18 hingga 35 tahun.

"Pada gelombang pertama, kami berhasil menciptakan 33 pengusaha muda asal Papua yang memiliki komitmen berwirausaha yang luar biasa. Kini mereka telah berhasil mengembangkan usahanya lebih jauh lagi dan mengambil peran aktif sebagai pendorong perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat," ujar Nini dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Nini menambahkan, program tersebut memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh kaum muda Papua untuk memulai dan berhasil menjalankan bisnis mereka sendiri.

Memasuki gelombang kedua, program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah berhasil menyeleksi 40 calon pengusaha muda lokal yang potensial dari total 282 peserta yang telah mendaftar.

Selain program pelatihan dan pendampingan, peserta juga diberi kesempatan untuk memperluas jejaring mereka melalui forum-forum pertemuan dengan pengusaha yang difasilitasi oleh Prudential Indonesia dan PJI.

Metode pelatihan secara daring justru memungkinkan para peserta program yang berada di Jayapura untuk dapat menggali ilmu dari para mentor bisnis yang mempunyai reputasi di tingkat nasional.

Chairman of the Executive Board Prestasi Junior Indonesia Pribadi Setiyanto mengatakan, pada penyelenggaraan yang kedua ini, ia melihat adanya peningkatan minat dari kaum muda Papua untuk berpartisipasi.

"Hal ini ditunjukkan dengan adanya bidang usaha baru yang digagas di gelombang kedua program ini, seperti budidaya sayuran dan ikan, peternakan, dan kursus bahasa inggris," ujar Pribadi.

Untuk merespons tingginya minat terhadap program itu, pihaknya kembali memberikan kesempatan kepada anak muda Papua yang ada di lima distrik Kota Jayapura, yaitu Abepura, Heram, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, dan Muara Tami, serta memperluas jangkauan wilayah program dengan penambahan dua distrik baru di Kabupaten Jayapura, yakni Sentani dan Sentani Timur.

Guna menunjang proses persiapan operasi bisnis, para peserta program telah mengikuti rangkaian pelatihan awal, meliputi ‘Self Awareness Training’ untuk mendorong pengenalan potensi diri dan potensi lokal, ‘Financial Literacy Training’ untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pengelolaan keuangan, ‘Business Preparation Workshop’ untuk membangun semangat kewirausahaan, dan ‘Business Model Workshop’ sebagai pelatihan untuk menyusun strategi bisnis yang akan dikembangkan.

Selain itu, mereka juga diajak mengoptimalkan penggunaan platform digital dalam bisnis, terlebih di tengah pandemi COVID-19, melalui ‘Digital Marketing Training.’

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda merupakan bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia, di bawah pilar Pemberdayaan Indonesia Timur, untuk memberdayakan dan mensejahterakan komunitas lokal di Papua.

Program tersebut menerapkan kurikulum internasional yang secara khusus telah disesuaikan untuk masyarakat di Papua. Memasuki gelombang kedua, Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah dimulai sejak 15 Desember 2020 dan akan berjalan hingga Juni 2022.

Baca juga: Prudential gandeng PasarPolis tingkatkan akses terhadap asuransi
Baca juga: Prudential Indonesia salurkan alat kesehatan untuk tujuh RS
Baca juga: Prudential Indonesia Syariah siapkan spin off

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021