Hari ini kami selesaikan 2 ribu vaksinasi, tetapi tetap tidak berkerumun
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten dan Kepolisian Resor Lumajang melakukan vaksinasi COVID-19 kepada 2 ribu warga dalam sehari melalui vaksinasi massal yang digelar di Gedung Olahraga Wirabhakti Lumajang, Jawa Timur, Sabtu.

"Hari ini kami selesaikan 2 ribu vaksinasi, tetapi tetap tidak berkerumun. Di Polres sudah 3 ribuan warga yang sudah kami vaksin dan ditambah hari ini, jadi target 5 ribuan sudah divaksin," kata Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno di Lumajang.

Menurutnya, vaksinasi massal digelar serentak di seluruh kabupaten di Jawa Timur dan mekanisme protokol kesehatan disiapkan oleh jajarannya untuk menghindari terjadinya kerumunan saat vaksinasi.

Baca juga: Pemkab Lumajang siapkan 260 kamar tidur antisipasi lonjakan COVID-19

"Protokol kesehatan yang utama, tetap dijaga jangan sampai vaksinasi mengakibatkan kerumunan baru," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo mengatakan vaksinasi juga di gelar di semua puskesmas untuk memecah konsentrasi masyarakat.

"Pada hari ini semua jajaran polres bekerja sama dengan kami juga menyelenggarakan vaksinasi di semua puskesmas melaksanakan dengan target 50 dengan 100 sasaran," katanya.

Baca juga: Umat Hindu Bali gelar "Piodalan" di Pura Mandara Giri Lumajang 24 Juni

Ia bersyukur dropping vaksin di Lumajang lancar, sehingga dengan begitu harapannya vaksinasi dapat segera dilakukan untuk seluruh masyarakat Lumajang.

"Pemkab Lumajang beruntung dropping vaksin lancar, kami mendapat tambahan 10 ribu dosis dan pihak Polres Lumajang juga memberikan sebanyak 6 ribu dosis, sehingga kami kejar vaksinasi seminggu habis dan dapat dropping lagi," ujarnya.

Baca juga: Satu pekerja migran asal Indonesia Lumajang positif COVID-19

Bayu menjelaskan vaksin yang diberikan dapat melindungi tubuh, sehingga diharapkan agar masyarakat dapat ikut serta dalam menyukseskan Program Vaksinasi COVID-19 dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. “Untuk menyukseskan Program Vaksinasi COVID-19 sangat dibutuhkan dukungan lintas sektor, yakni dunia usaha, akademisi, Ormas dan semua komponen masyarakat dalam menyebarkan informasi benar tentang vaksin," katanya.

Baca juga: Pekerja migran Indonesia yang pulang ke Lumajang akan dikarantina

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021