Jakarta (ANTARA) - Korban kebakaran di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, berterima kasih atas bantuan paket sembako dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara yang diterimanya, dan mendoakan Polri lebih dekat lagi dengan masyarakat.

Bantuan 750 paket sembako diberikan langsung oleh Karodalops Sops Polri Brigjen Pol Endi Sutemdi kepada warga korban kebakaran, disaksikan pula Lurah Kapuk Muara Jason Simanjuntak, Senin.

"Kami mengucapkan selamat ulang tahun hari Bhayangkara yang ke-75, semoga Kepolisian Republik Indonesia makin maju makin mantap, semakin dekat dengan masyarakat," ujar Jason.

Jason berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi warganya yang terdampak kebakaran.

Rasa syukur dan berterima kasih juga disampaikan Wati (47) salah satu warga penerima bantuan. Ibu rumah tangga yang sehari-hari berjualan di warung itu mendoakan Polri semakin maju.

Baca juga: Presiden tinjau vaksinasi massal TNI-Polri serentak seluruh Indonesia

"Alhamdulillah, terima kasih. Membantu banget buat kami di sini. Ya bisa buat membantu sehari-harinya. Semoga Polri semakin sukses, semakin maju, pada sehat semua," ucap Wati.

Karodalops Sops Polri Brigjen Pol Endi Sutemdi juga mendoakan dan berharap kondisi para warga yang terdampak kebakaran di Kapuk Muara dapat segera pulih seperti sedia kala.

"Kita harapkan mereka semua setelah ini bisa kembali dan melaksanakan kehidupan dengan layak sebagaimana mestinya sebelum peristiwa sebelum kebakaran," kata Endi.

Jenderal bintang satu itu mengatakan bantuan paket sembako rangkaian dari kegiatan bakti sosial Polri dalam rangka menyambut HUT ke-75 Bhayangkara, dilaksanakan serentak di seluruh polda dan jajaran se-Indonesia.

Melalui kegiatan bakti sosial ini, Endi juga meminta agar masyarakat selalu bersinergi dengan kepolisian.

"Karena diketahui bersama, salah satu kunci kesuksesan tugas Polri yaitu partisipasi dan dukungan masyarakat semuanya. Kami harapkan, masyarakat di sini juga bisa membantu Bapak Kapolres Jakarta Utara menjaga kamtibmas di wilayah ini," tutur dia.

Baca juga: Polri salurkan 505 paket sembako ke Panti Jompo Bekasi

Penyerahan bantuan paket sembako Polri itu turut dihadiri Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan. Total sembako yang diberikan kepada warga korban kebakaran di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara berjumlah 750 paket.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono yang juga Ketua Panitia Baksos Serentak Hari Bhayangkara ke-75 menyebutkan, peringatan Hari Bhayangkara ke-75 ini mengusung tema 'Transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju'. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan sejak Jumat (25/6) hingga Kamis (9/9) nanti.

"Penerima bantuan sembako adalah masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19," ujarnya.

Ia menyebutkan, total ada 272.662 paket sembako dan 272.662 botol hand sinitizer, serta 2.521.815 masker yang dibagikan ke masyarakat.

Bantuan tersebut diberikan kepada lintas golongan, yakni yatim piatu, fakir miskin, kaum dhuafa, panti jompo, panti asuhan, panti sosial, ojek pangkalan, sopir, kaum disabilitas, Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri.

"Bantuan juga diberikan kepada tenaga medis, UMKM terdampak pandemi dan masyarakat lain yang sangat membutuhkan," ujar Istiono.

Paket sembako Polri juga disalurkan kepada 1.626 kepala keluarga di Koja Tambora, Jakarta Barat, pada Jumat (25/6). Selanjutnya 505 paket sembako diberikan kepada Panti Jompo dan Panti Asuhan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (26/6).

Baca juga: HUT Bhayangkara, Polri bagikan 1.000 paket bantuan di Tanah Abang
Baca juga: Kapolri targetkan 1.258.556 orang divaksin hari ini


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021