Pelaksanaan vaksinasi mulai dari pendaftaran, skrining, penyuntikan vaksin, hingga observasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Timur mendirikan 503 gerai vaksinasi presisi di wilayah setempat untuk mendukung program satu juta vaksin per hari yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta saat mengecek gerai vaksinasi di Taman Bungkul Surabaya, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan sebanyak 23.000 orang per hari dapat menerima suntikan vaksin di 503 gerai tersebut.

"Gerai vaksinasi di Taman Bungkul pada hari ini melaksanakan vaksinasi terhadap 250 orang dengan 10 tenaga vaksinator dari Biddokkes Polda Jatim. Antusiasme masyarakat sangat tinggi dan diharapkan target tersebut dapat dicapai," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut, kata dia, dimulai dari tahapan pendaftaran, skrining, penyuntikan vaksin, hingga observasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Perwira tinggi Polri itu mengemukakan untuk percepatan vaksinasi, satu gerai diharapkan dapat memberikan suntikan vaksin terhadap 200 orang hingga 500 orang.

Baca juga: Gerai vaksin di Polres Pelabuhan Tanjung Priok sasar empat titik

Kapolda mengimbau masyarakat untuk datang di gerai-gerai vaksin sudah ada, atau yang sudah dimiliki oleh puskesmas untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

"Jadi, tinggal membawa KTP,  mengisi formulir, lalu skrining pemeriksaan kesehatan untuk menentukan yang bersangkutanbisa atau tidak mengikuti vaksinasi," ucapnya.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut juga meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mengajak untuk tetap menjaga diri, keluarga, dan negara.

"Harapannya target 117.000 vaksin per hari yang dilaksanakan oleh Pemprov, TNI/Polri bisa terlaksana dengan dukungan masyarakat Jatim," tutur Irjen Pol. Nico.

Di sisi lain, secara global jumlah penerima vaksin COVID-19 lengkap di Indonesia mencapai 13.465.499 orang setelah terjadi penambahan 135.761 orang yang menerima suntikan dosis kedua.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang diterima pada hari Rabu, terdapat pula penambahan 974.368 orang yang menerima vaksinasi pertama berbagai vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia.

Dengan penambahan itu, total 29.279.142 jiwa penduduk Indonesia sudah menerima suntikan pertama vaksin COVID-19.

Baca juga: Polri dirikan gerai Vaksin Presisi di polres dan polsek se-Indonesia

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021