Mukomuko (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah kasus positif COVID-19 saat ini bertambah 55 orang, sehingga total menjadi 1.021 orang.

“Hari ini ada lagi penambahan sebanyak 55 orang positif COVID-19 yang tersebar di 10 dari 15 kecamatan di daerah ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Senin.

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu terkait dengan narasi perkembangan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari terakhir.

Ia menyebutkan dari sebanyak 55 kasus positif COVID-19, sebanyak 10 kasus di antaranya dari Kecamatan Malin Deman, Sembilan kasus dari Kecamatan Teras Terunjam, sembilan kasus dari Kecamatan Ipuh, delapan kasus dari Kecamatan Kota Mukomuko.

Baca juga: Positif COVID-19 di Mukomuko bertambah 26 orang

Baca juga: Mukomuko berupaya atasi lonjakan kasus COVID-19


Kemudian enam kasus dari Kecamatan Air Dikit, enam kasus dari Kecamatan Air Rami, empat kasus dari Kecamatan Penarik, satu kasus dari Kecamatan V Koto, satu kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang, satu kasus dari Kecamatan Teramang Jaya.

Dari sebanyak 55 kasus positif COVID-19 di daerah tersebut, sebanyak 23 orang pasien COVID-19 di antaranya tanpa gejala dan sebanyak 32 orang mengalami berbagai gejala, yakni demam, lemah, demam, mual muntah, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, gangguan penciuman, pusing, sakit kepala, dan diare.

Kemudian riwayat kontak 25 dari 55 kasus COVID-19 di daerah ini, katanya, pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 dan 30 kasus COVID-19 belum diketahui riwayat kontaknya sampai sekarang.

Ia mengatakan, sebanyak 55 pasien COVID-19 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing guna mencegah terjadinya penyebaran di daerah ini.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun sejumlah puskesmas yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 55 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Ia menyebutkan, hingga kini jumlah total spesimen yang telah diperiksa sebanyak 4.877 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 ada 1.021 orang dan 30 orang di antaranya yang meninggal dunia.*

Baca juga: Tiga kecamatan di Mukomuko zona merah COVID-19

Baca juga: Jumlah kasus aktif COVID-19 di Mukomuko berkurang jadi 62

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021