Polda Sumsel siapkan relawan vaksinator COVID-19

Polda Sumsel siapkan relawan vaksinator COVID-19

Kapolda Sumsel, Irjen Pol.Eko Indra Heri S bersana Kadinkes Lesty Nuraini pada acara pembukaan pelatihan relawan vaksinator COVID- 19  di Palembang, Senin (5/7). (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan relawan vaksinator untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 dan menyukseskan vaksinasi nasional satu juta dosis per hari.

"Untuk menyiapkan relawan vaksinator, selama tiga hari digelar pelatihan untuk 73 orang personel Polda dan mitra poliklinik," kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol.Eko Indra Heri S ketika membuka pelatihan relawan vaksinator COVID- 19 di Aula RS Bhayangkara Muhammad Hasan Palembang, Senin.

Dalam acara pembukaan pelatihan vaksinator itu dihadiri Kadinkes Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini, Dekan Fakultas Kedokteran Unsri dr.Syarif Husin, Kepala Bapelkes Prov Sumsel dr. Erli Yani, Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr Syamsul Bahar.

Baca juga: Jakarta masih butuh 2.156 nakes dan 5.139 vaksinator

Kapolda pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari sesuai protokol kesehatan dengan tahap pembelajaran satu hari secara tatap muka, dan dua hari secara daring (online) melalui 'zoom meeting' pada 7 Juli dan 9 Juli 2021.

Pelatihan relawan vaksinator tersebut dalam rangka menambah tenaga medis untuk penanganan COVID-19 di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Dengan disiapkan relawan vaksinator itu diharapkan bisa mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah di provinsi ini dan secara nasional.

Selain itu diharapkan pula dapat mengurangi beban kerja tenaga kesehatan yang selama ini mendapatkan tugas melayani vaksinasi COVID-19, ujar Kapolda.

Sementara Kadinkes Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini menambahkan, pelaksanaan program vaksinasi dengan sasaran perdana kepada sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan hingga saat ini berjalan sesuai dengan rencana dan target sasaran yang ditetapkan pemerintah pusat.

Program vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumsel yang dimulai sejak 14 Januari 2021 ditargetkan menjangkau 5,7 juta jiwa dalam waktu 15 bulan, kata Kadinkes.

Baca juga: Batam kekurangan tenaga vaksinasi COVID-19
Baca juga: Vaksinator RS Islam dilibatkan bantu percepat vaksinasi di Jakpus
Baca juga: Kasad: 298 faskes dan vaksinator TNI AD siap bantu vaksinasi COVID-19
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021