Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memutuskan melakukan pemadaman penerangan jalan umum (PJU) di wilayah Kota Kediri di lima rute, dalam mendukung PPKM darurat yang berlangsung 3-20 Juli 2021.

"Dalam menerapkan kebijakan PPKM darurat se-Jawa Bali, kami melakukan pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU) di lima rute jalan mulai pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB dini hari," kata Kepala Dinas Perkim Kota Kediri Hadi Wahjono di Kediri, Selasa.

Ia mengungkapkan lima rute jalan tersebut meliputi (rute pertama) Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Erlangga, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Brawijaya, (rute dua) Jalan Teuku Umar sampai Jalan Imam Bonjol, (rute tiga) Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Pattimura, Jalan Yos Sudarso, (rute empat) Jalan Pemuda, Jalan Joyoboyo, Jalan Kilisuci, dan (rute lima) Jalan Dhoho sampai Jalan Panglima Besar Sudirman.

Hadi mengatakan pemadaman telah dimulai Senin (5/7). Pihaknya bersama dengan Wali Kota Kediri dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 juga langsung melakukan pemantauan dan evaluasi. Dari hasil evaluasi, didapati upaya ini dinilai efektif untuk mengurangi kerumunan.

Baca juga: Diskominfo dan Dishub Kediri intensif sosialisasikan PPKM Darurat

Baca juga: Dinkes Kediri libatkan institusi kesehatan jadi relawan


Ia juga menambahkan bahwa setiap hari juga akan terus dilakukan evaluasi mengenai penanganan COVID-19 melalui kebijakan PPKM darurat tersebut.

Saat ini, pemadaman masih fokus di area tengah Kota Kediri atau wilayah timur sungai. Sebab, dari hasil survei yang dilakukan, sebelum memutuskan untuk mengambil kebijakan tersebut, kerumunan banyak didominasi di area tengah Kota Kediri.

"Bukan tidak mungkin area barat sungai juga akan diterapkan kebijakan serupa, tinggal nanti kita lihat dari hasil evaluasi dan perkembangan kondisi ke depannya seperti apa, yang jelas pemantauan terus kami lakukan," kata dia.

Ia berharap dengan upaya ini dapat menekan angka kasus COVID-19 di Kota Kediri dengan signifikan. Masyarakat juga semakin mematuhi aturan yang berlaku termasuk mematuhi protokol kesehatan.

Di Kota Kediri, hingga Senin (5/7) terdapat 1.649 orang yang telah terkonfirmasi positif COVID-19. Ada 166 orang yang masih dirawat, 1.322 orang telah sembuh dan 161 orang telah meninggal dunia. (*)

Baca juga: Gedung BLK Kediri jadi tempat isolasi mandiri terpusat

Baca juga: Kelurahan di Kediri akan bagikan Rp25 juta untuk percepatan vaksinasi

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021