Humaniora kemarin, mulai asrama haji hingga skenario terburuk COVID-19

Humaniora kemarin, mulai asrama haji hingga skenario terburuk COVID-19

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberi pernyataan pers usai meninjau Asrama Haji Pondok Gede untuk dijadikan rumah sakit bagi penanganan COVID-19, Jakarta, Senin (5/7/2021) malam. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/aa. (Handout Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa (6/7) yang masih layak untuk dibaca Rabu pagi ini, mulai dari Jokowi berharap Asrama Haji Pondok Gede bisa digunakan untuk perawatan pasien COVID-19 mulai Kamis (8/7)  hingga pemerintah perhitungkan skenario terburuk COVID-19.

Berikut rangkuman berita humaniora pada Selasa:
 

1. Jokowi harap Asrama Haji Pondok Gede bisa rawat pasien COVID-19 Kamis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sudah dapat beroperasi sebagai fasilitas perawatan pasien COVID-19 pada Kamis (8/7).

"Saya tadi sudah perintahkan agar dalam dua hari ini bisa diselesaikan, sehingga hari Kamis (8/7) kita harapkan sudah bisa dipakai dan dioperasikan," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi di Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa.
 

2. Menkes sebut tujuh provinsi rawan serangan varian Delta

Sebanyak tujuh provinsi di Indonesia masuk dalam kategori rawan lonjakan kasus COVID-19 yang dipicu penularan varian Delta asal India, kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Kami sudah lihat ada lima provinsi di Pulau Sumatera dan dua provinsi di Kalimantan yang kita harus ekstra hati-hati agar kita bisa mempersiapkan dengan baik," katanya dalam konferensi pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Selasa.
 

3. Menkes: Pentingnya kolaborasi nasional capai 420 juta dosis vaksin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pentingnya kolaborasi nasional untuk mencapai 420 juta dosis vaksin dalam enam bulan ke depan.

"Saya melihat bahwa kerja sama itu penting sekali, harus ada gotong royong nasional, kolaborasi nasional untuk mencapai 420 juta dosis vaksin dalam enam bulan ke depan," ujar Menkes dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 

4. Warga Griya Katulampa Bogor 90 orang positif COVID-19 telah ditangani

Wakil Wali Kota Kota Dedie A Rachim menyatakan Dinas Kesehatan setempat telah melakukan langkah penanganan terhadap 90 orang warga Perumahan Griya Katulampa, Kota Bogor yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Puskesmas setempat telah mendata warga yang menjadi kontrak erat dari warga yang terpapar COVID-19 di perumahan tersebut, untuk dilakukan tes swab antigen," kata Dedie A Rachim melalui telepon selulernya, Senin, ketika dikonfirmasi terkait adanya 90 orang warga Perumahan Griya Katulampa, Kota Bogor yang terkonfirmasi positif COVID-19.
 

5. Luhut: Pemerintah sudah perhitungkan skenario terburuk kasus COVID-19

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah telah memperhitungkan skenario terburuk kasus COVID-19.

"Kita sudah hitung worst-case scenario, jika lebih dari 40.000 (kasus per hari), bagaimana suplai oksigen, obat dan rumah sakit, semua sudah kami hitung," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual yang disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pakar sebut lonjakan kasus COVID-19 peringatan yang harus ditangani

Baca juga: Positif COVID-19 RI bertambah 29.745, kasus aktif jadi 309.999 kasus

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021