Jakarta (ANTARA) - Pakar nutrisi menyatakan, saat ini pengetahuan masyarakat akan pentingnya berolahraga belum sejalan dengan pengertian pentingnya sport nutrition atau nutrisi olahraga.

Menurut pakar nutrisi olahraga Emilia Achmadi sport nutrition berbeda dengan nutrisi sehari-hari karena memiliki tujuan untuk mendukung performa olahraga secara khusus sehingga memiliki komposisi dan anjuran waktu konsumsi yang khusus.

“Sport Nutritions ini bagaikan bahan bakar mobil balap. Mobil balap tentu memerlukan jenis bahan bakar yang berbeda dari mobil biasa. Bahan bakar yang tidak tepat tidak bisa mendukung performa optimal, bahkan bisa merusak komponen mobil,” ujarnya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jangan lupa protein dalam menu makan lansia

Salah satu dari bentuk kurangnya kualitas asupan nutrisi ketika berolahraga, tambahnya, adalah “Bonking” atau kondisi kelelahan hingga merasa lemas saat berolahraga akibat dari berkurangnya karbohidrat di dalam tubuh yang diperlukan sebagai bahan bakar ketika berolahraga.

Sehingga tak jarang tubuh “mogok” tak mampu melanjutkan gerakan, bahkan bila dipaksakan dapat mengakibatkan cedera parah pada otot.

Terkait hal itu, Founder Strive Edo Bawono menyatakan pentingnya asupan energi yang konsisten terutama untuk olahraga endurance atau ketahanan sehingga pihaknya mengenalkan produk energy gel Indonesia pertama yang diproduksi oleh perusahaan lokal.

"Semua bermula dari pengalaman pribadi kami. Di mana kami begitu passion berolahraga, tetapi merasa kesulitan mencari sport nutrition berkualitas saat kami bersepeda jarak jauh. Dimulai dari produk energy bar, kini kami hadir menawarkan produk energy gel pertama buatan Indonesia – dengan bahan dan formulasi yang khusus dibuat sesuai dengan sport enthusiast di Indonesia,” tutur Edo.

Menurut dia kandungan nutrisi dalam energy gel produksi dalam negeri ini tidak kalah dengan merek luar, dan yang lebih penting disesuaikan untuk konsumen Indonesia.

Selain mengandung ekstrak jahe sehingga aman dikonsumsi saat perut kosong, ujarnya, juga mengandung unsur Vitamin B Complex (Vit B1, B6) yang mempercepat proses pembentukan energi secara konsisten, lalu ada asam amino agar tubuh tidak mengambil cadangan asam amino dari otot, ekstrak kurma sebagai sumber carbo dan gula alami untuk energi yang tahan lama, guarana yang merupakan kafein alami, serta aman bagi jantung, dan perpaduan elektrolit untuk mencegah keram otot.

"Dulu saya suka eneg saat mengkonsumsi energy gel dalam keadaan perut kosong, tapi sejak konsumsi STRIVE Energy Gel tidak masalah lagi. Ternyata itu karena ada kandungan jahenya,” jelas Chaidir Akbar, seorang atlet ultra marathon dan Ironman, sekaligus pendiri Triathlon Buddies dan endurance coach.

Manfaat maksimal energy gel akan terasa optimal jika dikonsumsi sebelum dan saat berolahraga. Untuk asupan saat berolahraga, konsumsi satu saset energy gel untuk setiap 30-45 waktu tambahan. Hal ini bertujuan untuk memastikan stamina tidak menurun. Emilia menyarankan sebaiknya, tetap jaga hidrasi tubuh dengan minum secukupnya.

Baca juga: Perusahaan nutrisi ajak anak jalani kebiasaan hidup sehat

Baca juga: Pakar: Asupan nutrisi dan gaya hidup kunci hidup sehat lansia

Baca juga: Praktisi ingatkan atlet akan nutrisi untuk pencegahan/pemulihan cedera

Pewarta: Subagyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021