Makassar (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong daerah ikut menyukseskan program merdeka ekspor yang direncanakan pada Agustus 2021 nanti.

Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kamis, mengatakan 17 Agustus harus menjadi momentum bagi setiap daerah untuk melakukan ekspor berbagai produk unggulan masing-masing.

"Yang jadi target (program ekspor merdeka) itu semua kabupaten harus punya kemauan dan dorongan untuk mempersiapkan ekspor," ujarnya usai mengikuti pertemuan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sulsel.

Baca juga: Mentan pastikan stok pangan aman selama PPKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata dia, sudah meminta agar kementerian khususnya Kementan memberikan karpet merah kepada para pelaku eksportir, sehingga bisa melakukan ekspor secara bersama-sama saat program merdeka ekspor nanti.

"Momentum 17 Agustus nanti, momen kemerdekaan, harus menjadi semangat kita bahwa tidak ada daerah yang tidak melakukan ekspor secara bersama-sama," ujarnya Mentan.

Ia berharap tidak ada daerah, kabupaten dan kota yang tidak melakukan ekspor pada saat program merdeka ekspor.

"Tidak ada kabupaten yang tidak melakukan ekspor. Seluruh karantina di seluruh Indonesia, saya akan berhentikan jika tidak melakukan tugas dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Mentan serahkan bantuan pertanian ke Unhas senilai Rp10 miliar
Baca juga: Mentan dan Bupati Pangkep bahas prospek pertanian
Baca juga: Kementan pacu penggunaan aplikasi IMACE, permudah ekspor pertanian

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021