Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan fokus pada percepatan program vaksinasi COVID-19 di Kawasan Mamminasata, yakni Kota Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar.

Kawasan Mamminasata, kata Andi Sudirman, menjadi prioritas vaksin untuk mencapai herd immunity di wilayah sentra penyebaran. Hal itu dilakukan, melihat peningkatan kasus yang banyak di daerah perkotaan.

"Kita akan mulai petakan wilayah penyebaran. Kita sasar kawasan Mamminasata sebagai epicentrum penyebaran priority pertama," katanya di Makassar, Sabtu.

Baca juga: Kimia Farma siapkan vaksin 1.200 karyawan di Sulsel

Baca juga: Seratusan penyandang disabilitas di Sulsel jalani vaksinasi COVID-19


Ia menjelaskan meski masuk program prioritas vaksinasi, pihaknya tetap memberlakukan PPKM berskala mikro, dengan melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di tingkat satuan kecil (desa/kelurahan/RT/RW) yang terjadi kenaikan kasus.

"Gempuran COVID-19 adalah gempuran yang didominasi di wilayah perkotaan. Kita kepung dari sana sembari operasi (PPKM Mikro) kabupaten/kota tetap digencarkan di daerah masing-masing," ujarnya.

Menurut Andi Sudirman, vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu langkah dalam mencegah penyebaran COVID-19 serta membangun herd immunity (kekebalan kelompok).

Pihaknya juga tidak lupa mengingatkan masyarakat, untuk tetap selalu memperketat protokol kesehatan 5M. Menjaga imun tubuh, serta senantiasa berdoa untuk keselamatan dalam beraktivitas selama pandemi.*

Baca juga: Ratusan atlet PON Sulsel jalani vaksinasi tahap pertama

Baca juga: Satgas COVID-19 Sulsel: 424.078 orang telah disuntik vaksin

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021