Jakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta Selatan Iding mengungkapkan bahwa pemotongan hewan kurban baru akan dilaksanakan pada Rabu, (21/7) di Lapangan Masjid tersebut.

Iding mengatakan pelaksanaan itu mengikuti anjuran dari pemerintah daerah DKI Jakarta untuk meminimalisir terjadinya kerumuman di lapangan masjid.

“Hari ini tidak melakukan pemotongan hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban baru digelar besok pagi sekitar pukul 08.00 sampai selesai,” kata Iding saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Masjid Al Azhar terapkan prokes ketat saat penyembelihan kurban

Menurut dia, hal ini tak terlepas dari kondisi pandemi COVID-19 dan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat guna memutus mata rantai penyebaran virus di tengah masyarakat.

Dia menuturkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid Al Azhar hanya berlangsung dalam satu hari saja hingga sore hari. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya segenap panitia telah dibekali pemahaman agar selalu memperhatikan protokol kesehatan pemotongan hewan kurban dari pemerintah.

“Kita mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena kita turut serta mencegah penularan COVID-19 di kalangan jamaah,” kata dia.

Baca juga: Anies anjurkan penjualan hewan kurban secara daring

Para pengurus, kata dia, telah mewanti-wanti para penjaga dan petugas pemotongan hewan kurban agar mengikuti protokol kesehatan yang telah disampaikan dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021 perihal petunjuk teknis pelaksanaan kurban.

Dalam edaran itu, para petugas wajib menerapkan jaga jarak fisik dalam pemotongan hewan kurban, baik pada saat pengulitan, pencacahan, maupun pengemasan daging. Kemudian menerapkan protokol kebersihan petugas mulai dari pemeriksaan suhu tubuh hingga menghindari berjabat tangan atau kontak langsung.

Sementara untuk seluruh peralatan mesti dilakukan disinfeksi sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah semua proses penyembelihan selesai dilaksanakan.

Baca juga: Balai Kota Jakarta tidak laksanakan pemotongan hewan kurban

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021