Kami berharap donasi cepat tanggap Toyota Indonesia ini dapat turut membantu penanganan di berbagai rumah sakit yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana dalam merawat pasien COVID-19 yang melebihi kapasitas
Jakarta (ANTARA) - Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Toyota Indonesia membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 sejak awal, baik melalui kegiatan preventif maupun penanganan yang dinamis di masyarakat, mulai Alat Pelindung Diri (APD), suplemen, ambulans, hingga percepatan vaksinasi.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda menyebutkan Toyota Indonesia melihat situasi yang bergerak dinamis, sehingga bantuan cepat tanggap yang disalurkan pun berkembang sesuai dengan kebutuhan.

Kini di tengah jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia yang semakin meningkat, fasilitas dan tenaga kesehatan (nakes) menjadi garda terdepan, sehingga bantuan cepat tanggap Toyota difokuskan untuk membantu meringankan beban pihak-pihak yang terlibat langsung dalam proses melawan COVID-19.

"Seperti yang kita ketahui bersama, oksigen saat ini menjadi salah satu barang yang sulit didapatkan, sehingga kami ingin bisa bantu dalam hal ini. Kami berharap donasi cepat tanggap Toyota Indonesia ini dapat turut membantu penanganan di berbagai rumah sakit yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana dalam merawat pasien COVID-19 yang melebihi kapasitas," kata Susumu Matsuda melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Bekerja sama dengan Yayasan Benih Baik, donasi cepat tanggap Toyota kali ini antara lain berupa 300 tabung oksigen (1.800 m3), portable bed, oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh dengan total bantuan senilai Rp1,55 miliar.

Bantuan itu disalurkan ke enam rumah sakit yaitu RS Tjipto Mangunkusumo dan RSUD Tugu Koja (Jabodetabek), RSUD Kota Bandung dan RS UI Depok (Jawa Barat), RSUP Dr Kariadi (Jawa Tengah), dan RS Dr Sardjito (DI Yogyakarta). Selain itu ada bantuan mobilitas bagi para tenaga kesehatan di RS UI Depok, yang akan memudahkan mobilitas mereka dalam penanganan pasien COVID-19.


Toyota Ada Untuk Anda

Program Toyota Ada Untuk Anda lahir sebagai wujud empati, keprihatinan dan duka cita yang mendalam untuk semua pihak yang kehilangan keluarga dan kerabat akibat COVID-19, serta wujud apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terus berjuang untuk melakukan pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19 baik pemerintah, tenaga kesehatan, dan pihak-pihak lainnya.

Program Toyota Ada Untuk Anda hadir sejak 2020 untuk menjawab kebutuhan saat pandemi. Program tersebut antara lain penerapan pola kerja Work From Home (WHF), protokol kesehatan yang ketat, dan pelaksanaan vaksinasi pada karyawan dan keluarganya.

“Sejalan dengan semangat Toyota Berbagi, Toyota selalu berupaya untuk memberikan kontribusi positif bagi negara dan masyarakat Indonesia, salah satunya melalui Program Toyota Ada Untuk Anda. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu upaya pencegahan dan penanganan COVID-19,” ujar Wakil Presdir TAM Henry Tanoto.

Sejak tahun lalu, Toyota Indonesia telah menyalurkan berbagai bantuan cepat tanggap dan dukungan mobilitas yang bertujuan untuk membantu para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas menangani COVID-19 di awal pandemi, terdiri dari:

- Donasi APD yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan, masker medis, pelindung sepatu, face shield, vitamin dan suplemen, yang didistribusikan ke berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan

- Unit ambulance berupa Kijang Innova yang dilengkapi peralatan kesehatan di dalam kendaraan yang diperuntukkan bagi Dinas Kesehatan Papua

- Layanan antar jemput para tenaga kesehatan dari tempat tinggalnya ke rumah sakit yang melayani 8 rumah sakit di Jakarta, Bandung, dan Makassar

- Bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) Jepang untuk mendukung proses pengambilan sampel PCR dari sejumlah puskesmas dan RS di Jakarta Utara ke Labkesda Jakarta Utara

- Kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI):

- Penyediaan unit Dyna untuk tujuan mobil penyemprotan disinfektan ke berbagai tempat di wilayah Jabodetabek

- Donasi APD untuk tenaga kesehatan PMI yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan, masker medis, pelindung sepatu, face shields, vitamin dan suplemen

- Pelayanan antar jemput nakes PMI dari tempat tinggal ke RS PMI Bogor

- Ambulans untuk PMI pusat

- Toyota bersama jaringan outlet di seluruh Indonesia, mendistribusikan paket kebutuhan pokok antara lain berisi beras, gula, dan minyak goreng serta peralatan pencegahan COVID-19 seperti hand sanitizer, masker kain, dan sabun cuci tangan, dan lain-lain

Sementara itu, bagi para pelanggan juga dihadirkan penguatan layanan berbasis digital (chatbot Toyota dan mTOYOTA), layanan langsung ke rumah (Toyota Mobile Service, Pickup Delivery), serta menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dalam membeli dan melakukan perawatan kendaraannya (Virtual Expo, Live Showroom, Halobeng).

Baca juga: Toyota Indonesia mulai vaksinasi karyawan dan keluarga
Baca juga: Diskon PPnBM diperpanjang, industri otomotif bersiap genjot produksi
Baca juga: Relaksasi PPnBM dongkrak signifikan penjualan Toyota pada Januari-Mei

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021