Jakarta (ANTARA) - Bursa saham Eropa stabil pada Selasa, setelah aksi jual terburuk pada tahun ini, didukung oleh beberapa laporan pendapatan perusahaan yang positif dan data produksi terbaru dari perusahaan pertambangan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 1 persen di awal perdagangan setelah kekhawatiran tentang virus varian Delta yang menyebar cepat dan pertumbuhan ekonomi yang melambat menjatuhkan indeks mencapai 2,3 persen pada hari sebelumnya.

Perusahaan pertambangan memimpin kenaikan 1,6 persen, setelah BHP Group dan Anglo American merilis angka produksi yang optimis.

Harga saham Bank Swiss UBS naik 4,6 persen setelah membukukan lonjakan laba bersih kuartal kedua sebesar 63 persen, didukung oleh bisnis manajemen kekayaan yang sedang booming. Saham perusahaan sejenis Credit Suisse naik 1,8 persen.

Di antara yang turun, AB Volvo Swedia turun 3,6 persen karena memperingatkan kemungkinan gangguan produksi lebih lanjut pada tahun ini karena keterbatasan pasokan chip.

Saham pembuat peralatan rumah tangga, Electrolux jatuh 8,7 persen setelah melaporkan laba operasi kuartal kedua yang lebih rendah dari perkiraan dan memperingatkan gangguan rantai pasok global akan memburuk dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Perjalanan pimpin penurunan saham Eropa di tengah kekhawatiran virus
Baca juga: Saham Eropa naik pada akhir pekan, terkerek "rebound" saham perjalanan
Baca juga: Perusahaan minyak utama seret saham Eropa lebih rendah


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021