Kris Wu kehilangan banyak kerja sama imbas tuduhan pelecehan seksual

Kris Wu kehilangan banyak kerja sama imbas tuduhan pelecehan seksual

Artis yang kini terkenal di Negeri Tirai Bambu Kris Wu. (Instagram @kriswu)

Jakarta (ANTARA) - Mantan anggota grup idola EXO yaitu Kris Wu dikabarkan kehilangan banyak kerja sama dengan mitranya imbas tuduhan pelecehan seksual yang terjadi di Negeri Tirai Bambu.

Tuduhan itu menjadi skandal nasional dan memicu ruang maya di China memanas. Dari 10 pencarian teratas bahkan 8 di antaranya berisikan materi tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Kris Wu terhadap gadis yang masih di bawah 20 tahun.

Melansir Variety, Rabu, beberapa jenama-jenama ternama seperti Lancome, Porsche, Bulgari, Vatti, Kiehl's hingga Tuborg menyembunyikan unggahan yang berisikan konten Kris Wu di dalamnya.

Baca juga: EXO cetak rekor baru penjualan satu juta album

Baca juga: Xiumin EXO-CBX ungkap video latihan "Shake"


Louis Vuitton bahkan sempat menghapus unggahan konten bersama Kris Wu namun akhirnya kembali diunggah ulang.

Beberapa jenama asal China tempatnya saat ini populer pun melakukan hal serupa misalnya seperti brand make-up Kans, lalu Tencent, hingga video game "King of Glory".

Tuduhan pelecehan seksual Kris Wu dimulai dari unggahan seorang wanita bernama Du yang menyebutkan aktor dan musisi itu telah memberikan perlakuan tak pantas saat berkencan sambil memberikan janji berupa peluang karir.

Ia pun menyebabkan dirinya diliput banyak media lokal hingga mencapai 10 juta pembaca untuk unggahannya.

"Saya cuma mau mencegah semua orang agar tidak tersakiti seperti saya. Saya harap saya korban terakhir, " kata wanita bernama lengkap Du Meizhu yang berusia 19 tahun itu.

Kris Wu dengan tegas menolak tuduhan itu, ia pun mengunggah pembelaannya lewat media sosial menyatakan dirinya tak terlibat hal itu.

"Saya hanya bertemu wanita ini sekali, pada 5 Desember 2020 lewat sekelompok teman. Saya nyatakan tidak pernah melakukan hal seperti 'memilih selir', memaksa wanita melakukan hubungan seks, atau berhubungan dengan wanita di bawah umur. Jika benar saya melakukan itu, saya akan masuk ke penjara," katanya.

Dalam unggahan Du, wanita itu bahkan menyebutkan dirinya diberi sekitar 77.000 Dolar AS untuk menutup mulutnya terkait pelecehan seksual yang dialaminya.

Meski demikian ia mengembalikan uang itu dan mengambil langkah hukum dengan menunjukan bukti transaksi menunjukan pengiriman uang yang dilakukan oleh Kris Wu.

Kris Wu diken pertama kali lewat debutnya di grup idola K-pop EXO besutan SM Entertaintment. Pada 2014 ia memutuskan untuk hengkang dan mengejar kesempatannta menjadi artis di Chjna.

Ia pun benar menjadi populer di China mulai dari membintangi acara ragam bingga menjadi juri untuk acara kompetisi musik grup "Rap of China" serta "Produce Camp 2020".

Baca juga: Kris EXO kolaborasi dengan sutradara Tiongkok

Baca juga: D.O EXO tulis lagu debut solo "Rose"

Baca juga: D.O. EXO dipastikan debut solo 26 Juli 2021

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021