Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Daerah-daerah di pinggiran Provinsi DKI Jakarta akan menjadi fokus kegiatan vaksinasi COVID-19 TNI dan Polri, kata Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto, di Jakarta, Kamis.

TNI akan datang langsung ke daerah-daerah itu demi mengejar target 70 persen vaksinasi khusus di wilayah Jakarta sebelum peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021, kata Marsekal Hadi di sela kegiatannya meninjau vaksinasi dan penyaluran bantuan sosial (bansos) di tiga lokasi di Jakarta Pusat.

Hadi menerangkan TNI dan Polri sepakat menerapkan strategi “jemput bola” atau menggelar vaksinasi langsung di daerah permukiman warga di pinggiran Jakarta, karena di sana persentase orang yang sudah divaksin COVID-19 masih cukup rendah.

“Terutama yang menjadi target kami adalah wilayah pinggiran Jakarta, karena sebagian besar warganya masih sibuk dengan kegiatan atau mereka sedang melaksanakan isolasi mandiri,” kata Hadi.

Panglima TNI pada Kamis meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal di tiga tempat, yaitu Gambir, Sawah Besar, dan Tanah Abang. Setidaknya ada 3.600 orang yang divaksin per harinya di tiga lokasi tersebut.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung kegiatan vaksinasi itu bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito.

Tidak hanya meninjau pelaksanaan vaksinasi, Panglima TNI bersama Kapolri dan Kepala BNPB juga memantau langsung penyerahan bantuan sosial Pemerintah untuk warga yang terdampak aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Di Sawah Besar, Jakarta, Panglima TNI menyempatkan diri berbincang dengan Trisno, salah satu penerima bansos.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah,” kata Trisno ke Panglima TNI.

Sehari-hari, Trisno bekerja menjual mi instan keliling di beberapa daerah di ibu kota.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI pun menyampaikan harapan semoga bansos dapat mengurangi beban masyarakat selama penerapan PPKM Darurat.

“Kepada warga masyarakat agar dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak,” kata Panglima TNI saat menemui warga.

Sebanyak 1.500 paket bantuan sosial diserahkan ke warga di tiga lokasi yang dikunjungi oleh Panglima TNI, yaitu Gambir, Sawah Besar, dan Tanah Abang.

Baca juga: TNI dan Polri bantu tenaga kesehatan percepat vaksinasi di Banten
Baca juga: Serbuan vaksinasi COVID-19 oleh TNI diapresiasi di Babel



#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021