Kemenhub gelar vaksinasi massal di sejumlah pelabuhan

Kemenhub gelar vaksinasi massal di sejumlah pelabuhan

Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menggelar vaksinasi kepada pekerja pelabuhan dalam upaya mencegah COVID-19. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub/am.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan vaksinasi massal di sejumlah pelabuhan guna mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran dan melindungi diri dari COVID-19.

Selain itu, diharapkan seluruh insan transportasi, buruh tenaga kerja bongkar muat/TKBM, pekerja, dan masyarakat maritim di lingkungan pelabuhan bisa mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan vaksinasi.

"Vaksinasi ini ditujukan untuk karyawan serta masyarakat sekitar," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Program vaksinasi massal sebelumnya telah dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dan Pelabuhan Tual Maluku.

Kini, vaksinasi massal juga digelar di wilayah Tanjung Redeb, Kalimantan Timur, dan Panarukan, Jawa Timur.

Agus berharap kegiatan vaksinasi dapat segera diikuti oleh unit pelaksana teknis/UPT lain agar dapat membantu meningkatkan jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian menyebutkan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat Berau merupakan hasil kerja sama dengan kantor kesehatan pelabuhan, pemerintah daerah, unsur TNI dan Polri serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Kami melakukan sosialisasi bahwa vaksin ini bermanfaat untuk memberikan perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dan Vaksinasi COVID-19 , juga bisa mencegah menyebarkan virus ke orang lain," katanya.

Adapun jumlah peserta vaksinasi yang diajukan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb kepada Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan (wilker Tanjung Redeb) adalah 663 orang dan saat ini sebanyak 250 orang telah disuntik vaksin.

"Peserta vaksin terdiri dari karyawan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, masyarakat maritim/pelabuhan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, (PT Mitra Samudra Kreasi, PT Pelindo IV (Persero) Cab Tanjung Redeb, Para Agen Pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat, Kariawan/Kariawati DPC ALFI/ ILFA, DPC APBMI Tanjung Redeb, Pengurus dan Anggota TKBM Pelabuhan Tanjung Redeb dan TKBM Tanjung Batu)," ungkapnya.

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan, Andy Arman berharap pelayanan vaksinasi COVID-19, yang dilaksanakan KSOP Kelas IV Panarukan ini, dapat mempermudah masyarakat.

Sebab, cara pendaftaran vaksin yang dilaksanakan secara online melalui www.torevaksin.kkpprobolinggo.net.

"Sehingga, masyarakat tinggal mengakses pendataran dan menentukan tanggal vaksin kemudian langsung datang ke aula KSOP Panarukan melakukan vaksin Covid-19," ujarnya.

Peserta vaksin dibatasi 30 orang per harinya dengan target sasaran vaksin adalah 500 orang peserta. Saat ini, pendaftaran untuk vaksin di KSOP Panarukan masih dibuka.

Baca juga: Kemenhub kembali gelar vaksinasi massal di Pelabuhan Tanjung Priok
Baca juga: Pelindo III gandeng TNI AL lakukan vaksinasi kepada mitra pelabuhan
Baca juga: Penumpang Kapal Pelni sudah bisa vaksin di empat pelabuhan ini


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua
Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021