Secara internal kami gulirkan Vaksinasi Merdeka
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menghadirkan program Vaksinasi Merdeka dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI pada tahun ini untuk membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 secara nasional, khususnya di Ibu Kota.

"Secara internal kami gulirkan Vaksinasi Merdeka. Mudah-mudahan ikhtiar dan cita-cita kami ini bisa terwujud agar tercapai 'herd immunity' (kekebalan kelompok) di Provinsi DKI Jakarta dan tentunya wilayah-wilayah penyangga yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat mengunjungi gerai vaksinasi massal di Polres Metro Jakarta Selatan, Sabtu.

Fadil mengatakan Polda Metro Jaya bersama TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai upaya percepatan vaksinasi hingga Agustus 2021.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah menuturkan bahwa pihaknya menggelar vaksinasi massal dengan target masyarakat berusia di atas 12 tahun sebanyak 1.000-1.500 per hari pada Sabtu dan Minggu ini.

Baca juga: TNI kejar target 70 persen pelaksanaan vaksinasi di Jakarta

Azis mengungkapkan gerai vaksin massal itu merupakan kolaborasi dari elemen masyarakat, seperti Kadin dan sejumlah perusahaan makanan siap saji.

Rencananya, Polres Metro Jakarta Selatan akan mendirikan gerai vaksin massal di perkampungan warga untuk memudahkan masyarakat ikut vaksin COVID-19 agar segera terbentuk kekebalan kelompok.

"Untuk mempercepat mewujudkan kekebalan kelompok, maka masyarakat secara cepat harus ikut vaksinasi supaya kita sehat, COVID-19 menurun dan kehidupan normal kembali," tutur Azis.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis Pemprov DKI dapat mencapai target vaksinasi COVID-19 terhadap 8,8 juta penduduk pada akhir Agustus 2021.

Baca juga: 1500 warga Jakarta Pusat terima vaksin COVID-19 dan sembako

Pewarta: Taufik Ridwan dan Sihol Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021