Makassar (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa siang, meresmikan sejumlah infrastruktur di Sulawesi Selatan.

Kepala Negara mengatakan, pembangunan sejumlah infrastruktur tersebut diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi sekaligus memberikan manfaat yang besar pada masyarakat.

"Kita berharap ini dapat mempercepat dan meningkatkan pembangunan dan mendorong investasi," kata Presiden saat meresmikan proyek infrastruktur di Makassar, Selasa.

Sejumlah infrastruktur itu adalah Pelabuhan Penyeberangan Andi Mattalata, Garongkong Kabupaten Barru senilai Rp32 miliar.

Kemudian, Pelabuhan Laut Pamatata Kabupaten Selayar senilai Rp54 miliar, fasilitas sisi udara II Bandara Internasional Sultan Hasanuddin senilai lebih dari Rp548 miliar.

Bandara Lagaligo Kabupaten Luwu senilai Rp54 miliar lebih dan Trans Studio Mal dan "theme park".

Dalam sambutannya, Presiden meminta agar infrastruktur yang telah dibangun dapat dijaga dengan baik.

Pada bagian lain sambutannya, Kepala Negara mengajak swasta bersama-sama pemerintah dapat terus bekerjasama untuk membangun sarana infrastruktur lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Tak lupa, Presiden Yudhoyono juga memerintahkan Menteri Perhubungan Freddy Numberi untuk bisa memastikan fasilitas transportasi, termasuk bandara dan pelabuhan, dioperasionalkan dengan baik dan memperhatikan keselamatan calon penumpang agar kejadian buruk tidak terjadi.

Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Menhub Freddy Numberi, Menpora Andi Mallarangeng dan sejumlah menteri lainnya.

Presiden dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada pukul 15:30 WITA atau pukul 14:30 WIB.


(P008*G003/D011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010