Posko PPKM di desa atau kelurahan ini adalah garda terdepan, ujung tombak di dalam kita mengendalikan COVID-19 ini
Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito menegaskan Posko PPKM Mikro di daerah menjadi ujung tombak pengendalian COVID-19.
 
"Posko PPKM di desa atau kelurahan ini adalah garda terdepan, adalah ujung tombak di dalam kita mengendalikan COVID-19 ini,” ujar Ganip dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ganip mengunjungi Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Rabu ini.

Ia beralasan bahwa implementasi tugas dan fungsi posko PPKM tersebut lebih bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca juga: Kasatgas COVID-19 instruksikan institusi miliki tim penegak prokes

Dia juga mengingatkan kembali beberapa tugas dan fungsi posko PPKM Mikro yang harus dijalankan guna menjamin masyarakat terhindar dari paparan COVID-19.

Adapun fungsi yang pertama Posko PPKM Mikro menurut Ganip adalah pencegahan. Melalui tugas tersebut, masyarakat harus memiliki edukasi dan pemahaman tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten sebagai upaya pencegahan.

Oleh karena itu, Ganip meminta semua komponen yang bertugas di dalam Posko PPKM Mikro agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara menyeluruh.

Baca juga: Sekuriti akan dilibatkan dalam penegakan prokes di institusi

"Bagaimana supaya kita terhindar dari paparan virus ini, maka ini menjadi tugas dari posko PPKM di desa/kelurahan. Karena di situ ada fungsi pencegahan. Fungsi itu untuk mengedukasi, memberi sosialisasi, memberitahu, memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutur Ganip.

Meskipun kemungkinan memberi edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat tidak mudah, namun Ganip tetap memberikan semangat optimis kepada seluruh komponen yang bertugas di posko PPKM Mikro, karena protokol kesehatan juga merupakan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo.

“Memang 'diomongke' (dikatakan) gampang, tapi masker ini menjadi proteksi utama bagi seseorang terhadap paparan COVID-19. Oleh karena itu, Presiden juga mengajak kita semua wajib menggunakan masker. Tolong ini penegakannya dapat dilakukan,” ujar dia.

Baca juga: Kasatgas COVID-19 sidak karantina pelaku perjalanan internasional

Ganip juga meminta seluruh komponen yang bertugas juga tak segan untuk memberikan pembinaan bagi masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan. Namun tentunya, dia berharap agar pembinaan tersebut dilakukan dengan cara-cara yang manusiawi sehingga ajakan untuk disiplin protokol kesehatan dapat diterima dan diikuti.

Kemudian tugas yang berikutnya adalah mendorong pelaksanaan 3T atau tracing, tracking dan treatment bagi masyarakat yang kontak erat dari yang terpapar COVID-19. Melalui 3T, maka penanganan masyarakat yang terpapar dapat lebih optimal dan penyebaran virus juga dapat dikontrol dari penelusuran kontak erat.

Selanjutnya yang terakhir, Posko PPKM Mikro juga harus mampu mendorong masyarakat untuk bersedia melaksanakan vaksinasi, agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat tercapai. Sehingga dengan vaksinasi tersebut, maka seseorang lebih memiliki perlindungan dan pertahanan diri dari COVID-19.

Baca juga: Ketua Satgas apresiasi peran nakes yang bantu vaksinasi di GBK

Dalam kesempatan tersebut, Ganip juga menyerahkan dukungan untuk optimalisasi Posko PPKM Mikro di Desa Kemudo.

Adapun dukungan tersebut adalah 4.000 masker, 1.000 sabun cuci tangan dan 10.000 butir vitamin.

Dalam hal ini, Ganip menitipkan pesan agar bantuan tersebut diberikan kepada kelompok rentan dan belum sakit, agar imunitas lebih terjaga dan terlindungi dari paparan COVID-19.

Baca juga: Kepala BNPB cek kesiapan RS Lapangan Idjen antisipasi lonjakan pasien
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021