Diharapkan proses belajar dan mengajar semester I akan dimulai pada 20 Agustus mendatang
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menilai proses pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) program magister terapan (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, yang ditutup pada akhir pekan lalu berjalan lancar.

"Jumlah peminat yang ingin mengikut jenjang pendidikan di bidang transportasi ini cukup banyak. Bahkan, melebih dari target yang ditentukan oleh pihak sekolah," kata Ketua STIP Jakarta Kementerian Perhubungan Amiruddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan amanat dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Zulfikri, pihaknya melakukan persiapan dan promosi secara matang untuk menyukseskan program S2 ini. Terlebih lagi, program S2 STIP Jakarta merupakan pilot project di lingkungan sekolah transportasi pada Kementerian Perhubungan.

Dikatakan, sejak awal pendaftar Gelombang I pada Mei, lalu Gelombang II pada Juni, hingga Gelombang III pada Juli, STIP mencatat 2.710 orang ingin mengetahui program S2 ini. Dari jumlah tersebut sebanyak 105 orang telah resmi mendaftar untuk mengikuti program S2.

Ia menambahkan bahwa peminat yang ingin mengikuti program S2 terdiri atas berbagai golongan mulai PNS, non-PNS, TNI, Polri, mahasiswa, serta pekerja BUMN dan swasta.

Dirinci bahwa jumlah pendaftar sebanyak 105 orang tersebut sebanyak 40 persen dari PNS umum, 25 persen dari PNS Kementerian Perhubungan, TNI dan Polri, 19 persen dari karyawan swasta dan sisanya merupakan karyawan BUMN.

Amiruddin juga mengatakan dari 105 calon mahasiswa yang mendaftar setelah dilakukan seleksi administrasi akademik maka tersaring menjadi 62 orang.

Dari jumlah tersebut, 30 orang akan masuk ke program studi (prodi) yaitu, Pemasaran Inovasi dan Teknologi Program Magister Terapan (M.Tr.M) dan 32 orang akan masuk Teknik Keselamatan dan Resiko Program Magister Terapan (M.Tr.T).

Pihaknya menargetkan satu kelas atau satu prodi terdiri atas 25 mahasiswa namun dari dari data saat ini sepertinya lebih dari jumlah tersebut, lebih 5-6 mahasiswa.

"Proses penerimaan calon mahasiswa baru program S2 STIP Jakarta berjalan lancar dan sukses. Diharapkan proses belajar dan mengajar semester I akan dimulai pada 20 Agustus mendatang," katanya.

Amiruddin juga menegaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan tim program S2 STIP Jakarta dengan matang dan diisi oleh para profesional di bidangnya, tidak hanya dari dalam negeri, namun ada dari luar negeri.

Mulai dari ahli pendidikan, ahli di bidang transportasi laut, pelaku usaha, perwakilan dari regulator dan operator, hingga mendatang guru tamu dari World Maritime University, Swedia.

Baca juga: STIP Kemenhub lahirkan SDM transportasi andal
Baca juga: Menhub harap STIP jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim RI
Baca juga: Kemenhub dukung STIP program S-2 untuk penuhi pasar kerja

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021